ASMOPSS 13: Membangun Prestasi kemudian juga Promosi Pendidikan Sains-Matematika dalam Asia

ASMOPSS 13: Membangun Prestasi dan juga Promosi Pendidikan Sains-Matematika dalam Asia

lingkarpost.com – INFO NASIONAL – Untuk ketiga belas kalinya sejak diselenggarakan pertama kali pada November 2011, Asian  Science & Mathematics Olympiad for Primary and Secondary Schools (olimpiade sains juga matematika  tingkat Sekolah Dasar kemudian Menengah Pertama kawasan Asia, disingkat ASMOPSS) digelar kembali di  Indonesia. Untuk perhetalatan yang mana ketiga belas kali ini tuan rumah ASMOPSS adalah Pemerintah Kota  Bitung bekerjasama dengan Surya Institute. Kegiatan Olimpiade ini dilaksanakakan pada tanggal 15- 19 November 2023 di tempat Kota Bitung, Sulawesi Utara, Indonesia. 

Siswa yang dimaksud terpilih pada ajang ASMOPSS ini adalah hasil seleksi siswa secara nasional di dalam tiap-tiap  negara peserta. Hal ini juga menunjukkan bahwa para pendidik di dalam negara-negara peserta juga memiliki  “concern” yang dimaksud sama: menyadari bahwa dibutuhkan ajang yang digunakan lebih banyak banyak untuk mengasah ilmu  matematika serta ilmu sains dari siswa sejak usia muda, dalam suasana yang tersebut kompetitif tetapi “fun”,  sehingga memunculkan lebih banyak banyak “role model” (panutan) muda, yang digunakan diharapkan akan tambahan banyak  menyokong siswa Asia berminat pada sains juga matematika. 

Sejak pertama diselenggarakan, keunikan ASMOPSS adalah selain mengenai yang bersifat individu untuk  masing-masing bidang studi, Matematika kemudian Sains, ada juga perihal eksplorasi & eksperimen yang dimaksud harus  dikerjakan oleh tim, mencakup tentang Matematika, Sains dan juga tentang investigasi yang dimaksud merupakan gabungan  Matematika kemudian Sains. ASMOPSS selalu memberikan fokus pada “teamwork”. Hal ini terlihat pada  perihal eksplorasi Matematika maupun eksperimen Sains juga persoalan investigasi yang mana tim harus  merancang langkah eksplorasi/eksperimennya sendiri, kemudian semata-mata bisa saja dikerjakan bersama antar anggota  tim. 

Baca Juga  Mentan Amran Lakukan Peningkatan Produksi Padi juga Jagung di dalam Kalsel

Jumlah peserta tahun ini mencapai 108 siswa, yang dimaksud mewakili Thailand, Vietnam, Tajikistan, Philipine,  Hongkong, tuan rumah Indonesia. 2 Negara hadir sebagai observer yaitu Kamboja kemudian Malaysia.  Sementara Turkmenistan kemudian Singapore melakukan observasi secara online. Indonesia sendiri diwakili  oleh 40 orang siswa dari sekolah dasar kemudian sekolah menengah pertama dari Sabang Sampai Merauke.  13 dari 40 siswa itu berasal dari kota Bitung yang digunakan memperoleh privilege sebagi peserta. Bahkan  satu diantaranya yaitu Kayla Grandy Tinangon adalah siswa SD Katolik 4 Don Bosco Botung yang  sudah mendapat pembinaan matematika GASING dari tim Professor Yohanes Surya selama 10 bulan.  

Untuk tim Indonesia seleksi nasional tahap I dilaksanakan tanggal 26 Agustus 2023 pada berbagai kota di  Indonesia, yang bekerjasama dengan berbagai pihak di tempat masing-masing kota, Seleksi tahap 2 pada tanggal  7 Oktober 2023 secara online. Dan melalui seleksi ini berhasil terpilih Tim Indonesia untuk ASMOPSS  2023 sebanyak 28 siswa terbaik kategori SD serta SMP. Pembinaan Tim Indonesia dilaksanakan pada  tanggal 10-14 November 2023 secara blended oleh Tim Surya Institute. 

Baca Juga  17 BUMN Resmikan Rencana BUMN TEMAN BERSENYUM dalam Temanggung

Kegiatan ASMOPSS 13 dibuka secara resmi tadi pagi pukul 09.00 WITA oleh Walikota Bitung Bapak  Ir Maurits Mantiri M.M pada aula S.H Sarundajang Hall. Dalam sambutannya, Bapak walikota  menyampaikan terima kasih kemudian apresiasi kepada semua peserta pada umumnya lalu peserta  internasional pada khususnya yang mana berpartipasi pada kegiatan ini. Bapak Walikota juga mengajak para  peserta untuk menikmati keindahan Bitung di dalam sela kegiatan olimpiade ini.  

Sementara itu Presiden ASMOPSS, Munasprianto Ramli Ph,D dalam sambutannya menyemangati  peserta untuk dapat mengeluarkan usaha terbaik dalam mengharumkan nama negara dia masing masing. Presiden ASMOPSS juga menyampaikan apresiasi para peserta yang memerlukan waktu yang  Panjang untuk sampai di area bitung seperti tim Tajikistan yang perlu waktu 3 hari dari negaranya samapai  ke bitung, lantaran harus transit di area tiga tempat.

Baca Juga  Bangun Industri Berkelanjutan, Pertamina Patra Niaga Gelar Business Wadah 2023

Kadis Pendidikan serta Kebudayaan Kota Bitung Ibu Fonny Tumundo sebagai ketua umum ASMOPSS  2023 menyambut hangat para sepesrta dan juga memberikan pesan agar mereka dapat mewartakan  keramahan kemudian keindahan Kota Bitung. Lebih Khusus Ibu kepa dinas Pendidikan menyampaikan pesan  kepada peserta Bitung untuk mengambil pengalaman berharga dari ajang ini.  

Untuk memperkenalkan kemudian memperkenalkan Bitung, panitia juga sudah pernah mengagendakan satu hari untuk  mengeksplorasi budaya dan juga keindahan Bitung, Sabtu 18 November 2023.. Kegiatan eksursi akan  dimulai dengan mengunjungi Penangkaran Tarsius, kemudian menikmati keindahan kawasan wisata  batu angus. Diharapkan peserta internasional sanggup menjadi duta yang digunakan memasarkan budaya dan  wisata kota Bitung kepada teman, keluarga juga handai tolannya.  

Semoga pada ASMOPSS kali ini siswa-siswa Indonesia dapat berprestasi cemerlang serta menjadi juara  umum di tempat negara sendiri. Disamping itu ajang ASMOPSS ini diharapakan memberi dampak bagi promosi  pariwisata Bitung kepada dunia internasional. Untuk itu kami memohonkan do’a kepada seluruh masyarakat  Idnonesia agar kegiatan ASMOPSS 13 tahun ini dapat berlangsung dengan lancar lalu sukses sampai  penutupan yang dimaksud akan dilaksanakan pada Sabtu tanggal 18 November 2023. (*)

Check Also

Maju pada di pemilihan 2024, Airlangga Dinilai Sangat Layak Kembali Menakhodai Golkar

Maju di dalam pemilihan 2024, Airlangga Dinilai Sangat Layak Kembali Menakhodai Golkar

Lingkar Post – JAKARTA – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dinilai sangat layak kembali …