Forkopimda Jatim gelar kejuaraan turnamen rakor lintas sektor bahas mudik lebaran

Forkopimda Jatim gelar kejuaraan rakor lintas sektor bahas mudik lebaran

“Alhamdulillah, hari ini kami mendapat arahan-arahan untuk semua kontestan rakor, teristimewa mengantisipasi apa yang tersebut diprediksi oleh Kementerian Perhubungan bahwa akan ada pergerakan 71,7 persen warga yang akan melaksanakan mudik, kurang lebih lanjut 16 pe

Surabaya – Diskusi Komunikasi Pimpinan Daerah Jawa Timur mengatur rapat koordinasi lintas sektoral ke Mapolda setempat, Rabu,,untuk mengkaji pengamanan mudik serta libur Lebaran atau Idul Fitri 1445 Hijriah di dalam provinsi setempat.

"Alhamdulillah, hari ini kami mendapat arahan-arahan untuk semua kontestan rakor, khususnya mengantisipasi apa yang dimaksud diprediksi oleh Kementerian Perhubungan bahwa akan ada pergerakan 71,7 persen masyarakat yang dimaksud akan melaksanakan mudik, kurang lebih tinggi 16 persen sekian akan melakukan aksi ke Jawa Timur," kata Kapolda Jatim Inspektur Jenderal Polisi Imam Sugianto usai rakor.

Baca Juga  Perantau di dalam Malaysia Ini Ngaku Bangga Indonesia Punya JKN

Dengan komposisi seperti itu, kata Kapolda, diprediksi ada sekitar 31 jutaan warga Jatim yang melakukan mudik, sementara masyarakat yang digunakan masuk ke wilayah setempat ada sebanyak 34 juta.

"Mudah-mudahan dengan konsolidasi hari ini kita bisa jadi memetakan kerawanan-kerawanan yang dimaksud akan terjadi," ujarnya.

Jenderal bintang dua polisi itu mengemukakan bahwa berdasarkan hasil survei dari Kemenhub, hitungan komunitas yang tersebut melaksanakan mudik tahun ini naik sebesar 58 persen jika dibandingkan dengan tahun 2023.

Baca Juga  PBNU Sebut Aksi Boikot Sistem tanah Israel Sudah Mulai Dirasakan, Tapi Tidak Cukup Hentikan Serangan di area Daerah Gaza

"Rinciannya dari 123 jt ke 171 juta. Angka itu cukup signifikan. Penyumbang terbanyak dari Jatim," katanya.

Imam optimistis di Jawa Timur ini tiada ada kemacetan. Karena yang dimaksud kritikal itu dari Ibukota Indonesia menuju Jawa Tengah dan juga Jawa Tengah menuju Jawa Timur. Sementara dalam Jawa Timur insyaallah, mudah-mudahan tak ada kemacetan di dalam tol-tol.

Baca Juga  Mahfud Sebut KPK Kerap Lakukan Kesalahan sebab OTT Kurang Bukti, Nawawi: Lebih Bijak Jika Disertakan Contoh

"Jika ada kemacetan itu sudah ada ada rumusnya, manakala ada kepadatan sampai sekian ribu kendaraan itu pintu tol dalam sana ditutup dikeluarkan melalui jalur-jalur bawah," ujarnya.

Sedangkan untuk perlintasan sebidang, Imam mengemukakan ada sebanyak 1.300an perlintasan sebidang kemudian yang digunakan belum dijaga ada berjumlah 700an.

"Saya sudah ada tekankan untuk kapolres, mudah-mudahan pulang dari di tempat ini segera melakukan koordinasi, kita minta di dalam perlintasan sebidang itu kecelakaannya zero," ujarnya.

Artikel ini disadur dari Forkopimda Jatim gelar rakor lintas sektor bahas mudik lebaran

 

Check Also

Buka puasa bersatu Partai Demokrat dan juga Prabowo Subianto

Artikel ini disadur dari Buka puasa bersama Partai Demokrat dan Prabowo Subianto Baca Juga  Arsul …