Menko Polhukam bentuk kelompok khusus tangani persoalan hukum magang ke Jerman

Menko Polhukam bentuk kelompok khusus tangani persoalan hukum magang ke Jerman

“Ya pasti nanti akan kami bentuk grup khusus,”

Yogyakarta – Menteri Koordinator Sektor Politik, Hukum dan juga Ketenteraman (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto menyatakan akan membentuk pasukan khusus untuk menangani persoalan hukum dugaan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) berkedok inisiatif magang ke Jerman.

"Ya pasti nanti akan kami bentuk grup khusus," kata Hadi usai bersilaturahmi dengan pimpinan Pondok Pesantren Al-Munawwir, Krapyak, Sewon, Bantul, D.I Yogyakarta, Rabu malam.

Kemenkopolhukam, ujar Hadi, telah terjadi menyokong sebagian perguruan tinggi, salah satunya Universitas Negeri Ibukota Indonesia (UNJ) untuk segera menuntaskan tindakan hukum TPPO berkedok magang ke Jerman yang dimaksud menimpa beberapa orang mahasiswa.

Baca Juga  IHSG Ditutup Happy, Bakal Lanjut Pekan Depan?

Hadi juga berjanji akan datang memberikan pendampingan agar permasalahan yang mana berada dalam dialami para pelajar ke luar negeri itu mampu segera tuntas.

"Saya yakin dengan kerja keras lalu kita juga akan beri dorongan agar bisa jadi menyelesaikan kesulitan ini," ujar dia.

Saat ini, ia mengaku masih memeriksa kembali data perguruan tinggi yang mana mahasiswanya diduga berubah menjadi orang yang terdampar TPPO berkedok magang ke Jerman atau "ferien job" itu.

Baca Juga  Menko Polhukam bahas tantangan digitalisasi dalam Ponpes Krapyak

"Kami tadi telah bicarakan dengan kedeputian untuk segera permasalahan ini diselesaikan dengan baik, agar tidaklah berlarut-larut," ujar Hadi Tjahjanto.

Kemendikbudristek ketika ini sedang mengkaji pemberian sanksi terhadap 33 perguruan tinggi yang tersebut terlibat TPPO dengan modus kegiatan magang untuk pelajar ke Jerman atau "ferien job".

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan juga Teknologi Kemendikbudristek Abdul Haris menegaskan acara ferien job tidak ada memenuhi kriteria yang digunakan dapat dikategorikan pada kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), serta telah lama diperjelas sejak 27 Oktober 2023 melalui Surat Edaran Dirjen Diktiristek.

Baca Juga  Pertamina Tegaskan Keseriusan NZE 2060 di area COP-28

Artikel ini disadur dari Menko Polhukam bentuk tim khusus tangani kasus magang ke Jerman

 

Check Also

Buka puasa bersatu Partai Demokrat dan juga Prabowo Subianto

Artikel ini disadur dari Buka puasa bersama Partai Demokrat dan Prabowo Subianto Baca Juga  IHSG …