China Tiba-Tiba Patroli dalam area Laut Arab, Ada Apa?

China Tiba-Tiba Patroli di area Laut Arab, Ada Apa?

lingkarpost.com –

Jakarta – Angkatan Laut China (PLA) mengadakan patroli di dalam dalam Laut Arab pada Kamis (16/11/2023). Hal ini dikerjakan saat pasukan militer maritim Negeri Panda melakukan latihan dengan Angkatan Laut Pakistan.

Dalam laporan media Pemerintah China, Global Times, Fregat Tipe 054A Angkatan PLA, Linyi, dan juga juga fregat F-22P Angkatan Laut Pakistan, Saif, membentuk kelompok tugas serta meluncurkan patroli gabungan dalam area perairan sekitar rute maritim utama Laut Arab. Ini menandai pertama kalinya Angkatan Laut PLA lalu Angkatan Laut Pakistan mengadakan patroli maritim bersama.

“Patroli gabungan yang merupakan bagian penting dari latihan gabungan Sea Guardian-3, yang dimaksud didedikasikan untuk menunjukkan tugas bersama kemudian tekad kuat kedua negara dalam menjaga Koridor Ekonomi China-Pakistan CPEC,” menurut siaran pers resmi.

Selama patroli bersama, kedua belah pihak melakukan pelatihan yang tersebut mencakup operasi pencarian lalu penyelamatan bersama, manuver formasi kemudian VBSS (kunjungan, naik, pencarian kemudian penyitaan), yang dimaksud secara efektif meningkatkan kemampuan merek dalam bersama-sama menghadapi ancaman keamanan maritim.

“Selama bagian lain dari Sea Guardian-3, enam kapal perang, termasuk kapal perusak Tipe 052D Angkatan Laut PLA Zibo, fregat Tipe 054A Jingzhou lalu kapal pengisian ulang Tipe 903 Qiandaohu serta fregat Tipe 054A/P Angkatan Laut Pakistan Shah Jahan, membentuk kelompok tugas juga meluncurkan latihan fase laut dalam area Laut Arab,” tambah keterangan PLA.

Baca Juga  Menko Polhukam bentuk kelompok khusus tangani persoalan hukum magang ke Jerman

Menjelaskan perbedaan antara patroli gabungan serta latihan gabungan fase laut, Song Zhongping, pakar militer China, mengatakan bahwa patroli gabungan adalah kehadiran militer yang yang disebut memungkinkan respons cepat terhadap keadaan darurat juga menjaga keamanan. dalam suatu wilayah, sedangkan latihan bersama adalah latihan dengan tujuan juga sasaran yang dimaksud telah dilakukan lama ditetapkan.

“Laut Arab penting bagi China dan juga juga Pakistan dalam hal transportasi barang kemudian energi, hal ini disoroti oleh CPEC yang dimaksud yang menghubungkan kegiatan perekonomian kedua negara, sehingga penting bagi kedua negara untuk menjaga jalur laut ini dari ancaman keamanan,” kata Song. .

Baca Juga  Jokowi Sebut Cadangan Nikel RI Terbesar, Ini Buktinya..

“Patroli angkatan laut gabungan seperti ini kemungkinan akan menjadi rutinitas.”

Ini merupakan edisi ketiga serta terbesar dari latihan Sea Guardian. Edisi pertama dilaksanakan pada tahun 2020 pada dalam perairan utara Laut Arab, sedangkan edisi kedua dilaksanakan pada tahun 2022 pada tempat perairan Shanghai.

Artikel Selanjutnya China Ngegas, Ekonomi Ditarget Melesat 5% Tahun Ini

 

Check Also

Buka puasa bersatu Partai Demokrat dan juga Prabowo Subianto

Artikel ini disadur dari Buka puasa bersama Partai Demokrat dan Prabowo Subianto Baca Juga  Geledah …