eksekutif Bakal Buka Kembali Ekspor Benih Lobster

eksekutif Bakal Buka Kembali Ekspor Benih Lobster

Lingkar Post JAKARTA – Menteri Kelautan serta Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono akan kembali membuka keran ekspor benih lobster atau benur yang digunakan sebelumnya telah dilakukan dilarang. Larangan yang dimaksud tertuang pada Peraturan Menteri Kelautan serta Perikanan Nomor 1/2015 tentang Penangkapan Lobster, Kepiting, lalu Rajungan.

“Sekarang sedang proses. Sekarang sedang kita jalankan, mudah-mudahan dapat segera cepat,” ujar Trenggono, di tempat Jakarta, Mulai Pekan (5/2/2024).

Baca Juga  Mitsubishi Xforce Diserahkan ke Pelanggan Pertama pada Jabodetabek

Trenggono menyatakan ada persyaratan yang tersebut dibebankan terhadap importir benih lobster apabila ingin melakukan ekspor. Misalnya, KKP akan mewajibkan untuk memulai pembangunan tambak sendiri.

“Ingin kita dapatkan di area situ tidak semata-mata jualan bibitnya. Kita ingin dapatkan pembangunan ekonomi mereka masuk ke kita, dan juga kita sanggup setara dengan mereka,” jelas Trenggono.

Baca Juga  Tak Ada Hubungan Diplomatik, Kok Bisa RI-Israel Berdagang?

Dia berharap dengan inisiasi ekspor benih lobster, Indonesia bisa saja menjadi bagian pada pemenuhan rantai pasok global, dari sisi pasokan lobster dunia.

Berdasarkan laporan, 5 penanam modal Vietnam sudah ada masuk ke Indonesia untuk melakukan budidaya benih lobster sebelum dijalankan ekspor. “Mereka telah mulai beberapa bulan lalu,” ungkap Trenggono.

Trenggono berharap membuka ekspor benih lobster semakin sejumlah penanaman modal yang masuk ke Indonesia terlebih di mengolah lalu memanfaatkan sumberdaya laut Indonesia.

Baca Juga  pemerintahan Genjot Ekspor Rendang sampai Rempah ke Eropa

 

Check Also

Warga India Rebutan Cari Pekerjaan pada negeri tanah Israel Tak Peduli Perang Kawasan Kawasan Gaza Berkecamuk

Warga India Rebutan Cari Pekerjaan pada negeri Israel Tak Peduli Perang Kawasan Gaza Berkecamuk

Lingkar Post – NEW DELHI – Warga India mengantre panjang demi untuk mendapatkan pekerjaan di …