Mendagri minta Pj. kepala wilayah segera penuhi anggaran pemilihan gubernur 2024

Mendagri minta Pj. kepala wilayah segera penuhi anggaran pemilihan gubernur 2024

Ibukota Indonesia – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memohon Pj. kepala wilayah segera memenuhi keinginan anggaran pemilihan kepala daerah Serentak 2024 di dalam setiap daerah.

Berdasarkan siaran pers yang mana diterima ANTARA pada Jakarta, Rabu, Mendagri menyebutkan pemenuhan anggaran ini harus diwujudkan secara tepat waktu lantaran pihak pengurus harus menjalankan banyak tahapan.

Oleh akibat itu, Tito menekankan anggaran yang mana sudah pernah disepakati dengan melalui Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dapat disalurkan sebanyak 40 persen dari Anggaran Pendapatan serta Belanja Daerah (APBD) Tahun 2023 kemudian 60 persen APBD Tahun 2024.

Baca Juga  IKN Banjir Insentif, Kendaraan Listrik Bakal Bebas PPN

Dirinya telah lama mengingatkan kepala area mengenai persentase penyaluran anggaran yang disebutkan sejak Januari 2023 melalui surat edaran.

“Hampir semua (daerah) telah menyetujui secara resmi Naskah Perjanjian Hibah Daerah,” kata Tito.

Lebih lanjut, ia memacu Pj. kepala area agar segera menghitung ketersediaan anggaran sesuai dengan kesepakatan pada NPHD.

Dirinya meminta-minta Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) agar mengecek betul ketersediaan anggaran tersebut.

Baca Juga  Bisa Diperpanjang, Freeport Bangun Smelter Baru di tempat Fak-fak?

Selain itu, Tito juga mengingatkan Pj. kepala wilayah agar terus berupaya mengendalikan inflasi, lantaran pengendalian naiknya harga ini berkaitan dengan upaya menegaskan pangan warga tersedia pada lingkungan ekonomi dengan nilai tukar yang dimaksud terjangkau.

“Artinya, ada barangnya juga juga harganya terjangkau oleh rakyat, itu penting,” ujarnya.

Tito sama-sama Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendagri juga terus melakukan rapat koordinasi pengendalian naiknya harga daerah, yang mana melibatkan kementerian serta lembaga terkait maupun pemerintah area (pemda).

Baca Juga  Prabowo Temukan Dugaan Mark Up Anggaran Gila-gilaan di tempat Kemhan

Dia meminta-minta Pj. kepala area dapat merawat laju naiknya harga di nomor 2,5 persen, dengan hitungan paling rendah 1,5 persen lalu tertinggi 3,5 persen.

Masalahnya, walaupun ketika ini bilangan pemuaian secara nasional terkendali, kondisi di area masih beragam.

Artikel ini disadur dari Mendagri minta Pj. kepala daerah segera penuhi anggaran Pilkada 2024

Check Also

Pimpinan MPR ingatkan kesempatan ancaman mudik Lebaran 2024 diantisipasi

Pimpinan MPR ingatkan peluang ancaman mudik Lebaran 2024 diantisipasi

“Sejumlah jalur mudik yang mana merupakan area rawan kecelakaan dan juga bencana alam harus bermetamorfosis …