Pertamina NRE kemudian KPI Kerja Sama Terapkan Efisiensi Tenaga

Pertamina NRE kemudian KPI Kerja Sama Terapkan Efisiensi Tenaga

Lingkar Post

Jakarta – PT Pertamina (Persero) menjalankan komitmen untuk melakukan efisiensi energi di area berbagai titik operasional perusahaan pada Pertamina grup. Salah satu upaya untuk efisiensi energi dijalankan pada area kilang Pertamina. Sinergi yang mana kuat antar subholding juga mempertegas langkah Pertamina untuk menjalankan komitmen.

Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE) serta PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) menjalin sinergi di upaya meningkatkan efisiensi energi. Sinergi dijalankan dengan penandatangan Perjanjian Kerjasama terkait Penerapan Rencana Efisiensi Tenaga dalam Kilang Pertamina Internasional yang digunakan berlangsung pada turnamen COP 28 di area Dubai, hari terakhir pekan (1/12). 

Baca Juga  PLN komitmen dukung akselerasi transisi energi di tempat Indonesia

Penandatanganan dilaksanakan oleh Chief Executive Officer Pertamina NRE, Dannif Danusaputro kemudian Direktur Utama KPI Taufik Aditiyawarman. Langkah ini merupakan bagian dari komitmen Pertamina beserta Sub Holdingnya untuk terlibat dan juga menjadi penggerak pada pelaksanaan transisi energi lalu memperkuat pemerintah mencapai Net Zero Emission di area tahun 2060.

Efisiensi energi merupakan bisnis yang tersebut diadakan dengan tujuan untuk mengempiskan jumlah keseluruhan energi yang dibutuhkan, pada menggunakan sebuah peralatan atau bahkan sistem yang digunakan berhubungan dengan energi pada kilang-kilang yang dimaksud ada di area Indonesia. Nantinya aktifitas ini akan dilaksanakan pada bentuk modifikasi atau penambahan peralatan pada unit operasi KPI untuk meningkatkan efisiensi energi. 

Baca Juga  Jabar Mau Umumkan UMP 2024, Kisi-Kisinya Ternyata Naik Segini

CEO Pertamina NRE, Dannif Danusaputro mengatakan, bahwa kilang adalah salah satu tulang punggung energi Indonesia, sebab kilang adalah tempat memproses minyak mentah hingga menjadi BBM yang digunakan akan dipasarkan nantinya. Dengan kerjasama ini diharapkan KPI serta Pertamina NRE berkontribusi secara signifikan di mengempiskan emisi karbon melalui peningkatan efisiensi energi di operasionalnya. 

“Ini tantangan baru yang mana harus kita jalankan, tidak ada belaka meningkatkan kapasitas energi terbarukan, tapi Pertamina juga telah mulai bergerak pada energi efisiensi, kita optimis mampu menjalankan lalu bekerjasama dengan KPI untuk mengupayakan operasional kilang yang mana berbasis efisiensi energi,” tambah Dannif dalam keterangan ditulis disitir Mingguan (3/12/2023). 

Pada kesempatan yang tersebut sebanding Direktur Utama KPI , Taufik Aditiyawarman, menyampaikan sangat memperkuat kerjasama ini. KPI sangat menyambut baik rencana efisiensi energi yang mana sejalan dengan semangat Pertamina pada mengupayakan Net Zero Emission 2060. “Semoga kerja identik ini mampu menjadi wadah peningkatan pengetahuan untuk meningkatkan kehandalan operasional kilang yang tersebut bersifat efisien pada hal energi. Dan juga menjadi sarana pada mengiplementasikan proses industri yang digunakan lebih banyak ramah lingkungan” tambah Taufik. 

Baca Juga  Gandeng BMRI, INDY Cari Pendapatan Selain Batu Bara

Kolaborasi ini juga sejalan dengan komitmen Pertamina di mengimplementasikan aspek environment, social, governance (ESG) pada praktik bisnisnya. 

Artikel Selanjutnya Pertamina Siapkan Rp455 Trilyun Masuk Bisnis Daya Hijau

Check Also

Terungkap, Militer tanah negara Israel Tembaki Warganya Sendiri yang dimaksud Disandera kelompok gerakan Hamas

Terungkap, Militer tanah Israel Tembaki Warganya Sendiri yang Disandera kelompok Hamas

Lingkar Post – Sebuah fakta mencengangkan terungkap pada sebuah rekaman audio yang tersebut bocor untuk …