2024, Negeri Sakura Wajibkan Tes TBC untuk Wisatawan dari Indonesia juga juga Lima Negara Hal ini

2024, Negeri Sakura Wajibkan Tes TBC untuk Wisatawan dari Indonesia dan juga Lima Negara Hal ini

Lingkar Post Jakarta – eksekutif Negeri Sakura mewajibkan wisatawan dari Indonesia juga lima negara lainnya untuk melakukan tes tuberkulosis atau TBC untuk memasuki negara yang dimaksud mulai 2024. Tes ini dijalankan khusus untuk wisatawan yang tersebut akan melakukan kunjungan lebih banyak dari tiga bulan. 

Hal itu diungkapkan Menteri Kesejahteraan Keizo Takemi pekan lalu, seperti dilansir dari The Asahi Shimbun. Dia mengatakan, berbagai pasien TBC baru di dalam Negeri Sakura berasal dari negara-negara tersebut.

Adapun kelima negara lainnya adalah Filipina, Vietnam, Tiongkok, Nepal, kemudian Myanmar,

Baca Juga  Kasus TBC Anak dalam Indonesia Masih Ada, Ternyata Banyak yang digunakan Tidak Sadar Kalau Tertular?

Takemi menanggapi pertanyaan dari Kozo Akino, anggota mitra koalisi yang mana berkuasa, Komeito, pada pertemuan Komite Majelis Tinggi untuk Kesehatan, Perburuhan lalu Kesejahteraan.

Wisatawan di area negara-negara yang disebutkan akan diminta untuk melakukan tes TBC di tempat institusi medis yang ditunjuk pemerintah Negeri Matahari Terbit sebelum mereka melakukan perjalanan ke Jepang. Jika hasil tes dia positif, Negeri Matahari Terbit bukan akan mengeluarkan visa terhadap mereka.

“Kami sedang melakukan persiapan implementasi secepatnya,” kata Takemi. “Kami berharap dapat memulainya pada tahun fiskal berikutnya.”

Baca Juga  Destinasi Paling Favorit pada Tahun 2024 Menurut Airbnb Negeri Matahari Terbit Urutan Teratas

Menurut kementerian kesehatan, 10,235 pasien TBC baru terdaftar dalam Negeri Matahari Terbit pada  2022.

Namun sejak 2021, total persoalan hukum TBC telah terjadi turun pada bawah 10 per 100.000 penduduk, menjadikan Negeri Matahari Terbit sebagai negara “endemis rendah” untuk TBC menurut klasifikasi Organisasi Aspek Kesehatan Global (WHO). Namun, 11,9 persen pasien TBC baru berasal dari luar negeri, serta rasionya terus meningkat.

Baca Juga  Jamu Bakal Segera Diumumkan sebagai Warisan Budaya Takbenda UNESCO

Ada juga persoalan hukum orang-orang dari negara-negara dengan tingkat TBC tinggi yang digunakan mengidap penyakit ini ketika berada di area Jepang. TBC yang mana resistan terhadap obat juga menjadi kesulitan pada luar negeri.

Karena meningkatnya total pasien TBC kelahiran luar negeri di dalam Jepang, kementerian pada 2018 memutuskan untuk memperkenalkan tes tersebut. Awalnya, skrining TBC akan dilaksanakan pada atau pasca tanggal 1 Juli 2020 di dalam setelahnya koordinasi dengan negara-negara yang disebutkan selesai. Namun rencana yang disebutkan tertunda.

ASAHI SHIMBUN | MOFA.GO.JP

Check Also

Mengenal sejarah peradaban Qatar pada Museum Nasional Qatar

Mengenal sejarah peradaban Qatar dalam Museum Nasional Qatar

Lingkar Post – Ibukota – Salah satu destinasi favorit para pelancong pada negara Qatar adalah …