22 Provinsi Diprediksi Hujan Lebat Hari Ini, BMKG Minta Komunitas Waspada

22 Provinsi Diprediksi Hujan Lebat Hari Ini, BMKG Minta Komunitas Waspada

Lingkar Post – Badan Meteorologi, Klimatologi, juga Geofisika (BMKG) menyampaikan terhadap publik untuk tetap memperlihatkan waspada terhadap prospek hujan sedang hingga lebat yang bisa jadi disertai petir serta angin kencang dalam beberapa provinsi di area Indonesia pada hari Mingguan (19/11/2023).

Dalam pemberitahuan peringatan tegas dini cuaca, BMKG memproyeksikan bahwa provinsi-provinsi yang tersebut mempunyai kemungkinan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disebutkan mencakup Aceh, Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, dan juga Maluku Utara.

Baca Juga  Anggota Dewas KPK Albertina Ho Sambangi Bareskrim Polri, Bahas Kasus Pemerasan SYL?

Kemudian Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatra Barat, serta Sumatra Selatan.

Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, lalu Geofisika Wilayah II Hartanto menyatakan puncak musim hujan Indonesia diprakirakan pada Januari lalu Februari 2024.

Sementara itu, lanjutnya, wilayah Ibukota lalu sekitarnya sudah memasuki musim hujan pada November 2023. Oleh akibat itu, kata dia, publik dan juga pejabat terkait diimbau untuk mengantisipasi beberapa prospek dampak musim hujan.

Baca Juga  UMP Naik Tipis, Bisa Bantu Seretnya Kantong Orang RI?

“Kami meninjau bahwa prospek hujan deras di area beberapa tempat sudah ada terjadi. Kami juga mengimbau pohon-pohon di tempat tempat jalur aktivitas manusia agar dirapikan, agar tak terjadi pohon tumbang,” ujar Hartanto, via Antara.

Hartanto menyatakan ketika ini kemungkinan bencana tidak ada semata-mata terpaku pada satu jenis bencana, melainkan multi-bencana atau multihazard. Kemungkinan bencana dari musim hujan dapat berlangsung bersamaan seperti banjir lalu tanah longsor.

Baca Juga  Bantu UMKM Naik Kelas, Kemendag Apresiasi Peran SRC

Check Also

Mendagri minta Pj. kepala wilayah segera penuhi anggaran pemilihan gubernur 2024

Mendagri minta Pj. kepala wilayah segera penuhi anggaran pemilihan gubernur 2024

Ibukota Indonesia – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memohon Pj. kepala wilayah segera memenuhi keinginan …