Bank Mancanegara Pindah Kantor ke IKN, Dapat Pengurang Pajak 350%

Bank Mancanegara Pindah Kantor ke IKN, Dapat Pengurang Pajak 350%

Lingkar Post

Jakarta – Staf Ahli Menteri Keuangan Yon Arsal menyampaikan pemerintah akan memberikan super tax deduction atau pengurangan pajak bagi lapangan usaha keuangan hingga 350%. Insentif ini diberikan terhadap perusahaan keuangan, termasuk perbankan, yang dimaksud memindahkan kantor pusatnya dari luar negeri ke Ibu Perkotaan Negara (IKN).

Baca Juga  Potret Baru RS Indonesia serta Al Shifa "Habis" Diserang tanah Israel

Sementara itu, sektor lainnya yang digunakan masuk ke IKN akan diberikan super tax deduction hingga 250%. Adapun, khusus perbankan diberikan 350%.

“Untuk yang dimaksud pada bank itu 350% lebih besar tinggi dari yang dimaksud ada ketika ini 300% dalam luar IKN,” kata Yon Arsal, pada seminar Kans Penyertaan Modal IKN: Kupas Tuntas Insentif PPn, PPh, juga Fasilitas Kepabeanan Barang Impor, Hari Jumat (1/12/2023).

Baca Juga  IKN Banjir Insentif, Kendaraan Listrik Bakal Bebas PPN

Kemudian, Yon mengungkapkan pihaknya akan memperkenalkan super tax deduction bagi pihak-pihak yang digunakan menyumbang prasarana sosial, umum juga infrastruktur lainnya.

“Kalau orang menyumbang pada prinsipnya ketentuan yang dimaksud berlaku umum tiada dapat dibayarkan, tapi khusus untuk IKN kita berikan super deduction untuk sumbangan, khususnya prasarana umum, fasos dan juga infrastruktur lainnya sesuai rencana yang mana ada dalam IKN,” tegasnya.

Baca Juga  Sikap Capres Soal IKN: Anies Tolak, Prabowo Lanjut

Fasilitas pengurang pajak ini diatur Peraturan pemerintahan (PP) No.12 Tahun 2023 tentang Pemberian Perizinan Berusaha, Kemudahan Berusaha lalu Fasilitas Penanaman Modal bagi Pelaku Usaha di area Ibu Daerah Perkotaan Nusantara atau PP Kemudahan Berusaha IKN.

Artikel Selanjutnya Ombudsman Bongkar Maladministrasi Tata Kelola Tanah IKN

Check Also

Mendagri minta Pj. kepala wilayah segera penuhi anggaran pemilihan gubernur 2024

Mendagri minta Pj. kepala wilayah segera penuhi anggaran pemilihan gubernur 2024

Ibukota Indonesia – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memohon Pj. kepala wilayah segera memenuhi keinginan …