Chinatown Singapore: Jam Buka, Lokasi, juga Daya Tariknya

Chinatown Singapore: Jam Buka, Lokasi, juga Daya Tariknya

Lingkar Post Jakarta – Chinatown Singapore adalah salah satu tempat wisata yang tersebut populer lalu menarik untuk dikunjungi pada waktu berkunjung ke Negeri Singa. Melansir dari situs Visit Singapore, selain menjadi permukiman bagi etnis Tionghoa pertama yang mana singgah dalam Singapura, Chinatown juga telah terjadi menjadi batasan lokasi kawasan budaya terbesar dalam negara tersebut.

Bahkan, ketika ini Chinatown Singapore menjadi salah satu lokasi populer dengan perpaduan antara tempat wisata kekinian, keberagaman budaya, juga keindahan arsitekturnya. Kawasan ini mencakup tempat Kreta Ayer, Telok Ayer, Tanjong Pagar, lalu Bukit Pasoh. Meski meliputi empat subdistrik berbeda, setiap wilayah Chinatown Singapore mempunyai keunikan masing-masing.

Lantas, bagaimana jam buka, lokasi, dan juga daya tarik dari Chinatown Singapore tersebut? Simak rangkuman informasi selengkapnya berikut ini.

Chinatown Singapore (chinatown.sg)

Lokasi dan juga Jam Buka Chinatown Singapore

Chinatown Singapore adalah sebuah tempat wisata sekaligus permukiman etnis Tionghoa yang berlokasi di area Distrik Outram dalam Central Area of Singapore. Saat ini, Chinatown tak hanya sekali menjadi permukiman warga biasa, namun sudah pernah dinyatakan sebagai situs warisan nasional yang mana secara resmi ditetapkan untuk konservasi oleh Urban Redevelopment Authority.

Baca Juga  Kisah Toko Merah di dalam Pusat Kota Tua Ibukota Indonesia yang dimaksud Usianya Hampir Tiga Abad

Tempat yang dikenal dengan nama Niu che shui ini juga mempunyai nama pada bahasa Melayu, yakni Kreta Ayer yang mana berarti “kereta air”. Penamaan ini digunakan akibat pada abad ke-19 pasokan air pada Chinatown digerakkan dan juga diangkut oleh hewan. Meski begitu, nama Kreta Ayer itu sebenarnya merujuk pada salah satu kawasan yang mana bernama Jalan Kreta Ayer.

Melansir dari laman Chinatown.sg, destinasi wisata yang satu ini tidaklah memiliki waktu khusus untuk jam menyingkap lalu tutupnya. Sebagai salah satu kawasan budaya serta wisata terbesar, Chinatown Singapore mengungkap setiap hari selama 24 jam. Walaupun demikian, gerai, kedai, atau toko yang dimaksud berada dalam sana menerbitkan serta tutup sesuai kebijakan masing-masing.

Jika membutuhkan bantuan untuk mendapatkan informasi dan juga rekomendasi guna merencanakan perjalanan wisata, pengunjung dapat pergi ke Chinatown Visitor Center. Buka setiap hari pada pukul 09.00 sampai 18.00 waktu setempat, Chinatown Visitor Center berada dalam 2 Banda Street, Singapore 059962, persis di dalam belakang Kuil Relik Gigi Buddha.

Ada banyak cara untuk mengunjungi Chinatown Singapore dengan menggunakan transportasi umum. Mulai dari bus, Mass Rapid Transit atau MRT, hingga taksi.

Daya Tarik Chinatown Singapore

Melansir dari situs Visit Singapore, Chinatown ketika ini digemari wisatawan akibat miliki perpaduan antara nuansa kuno kemudian masa kini. Di tempat itu, ada kuil bersejarah lalu gerai perawatan tradisional yang dimaksud berdampingan dengan bar modern yang dimaksud mengusung gaya hidup kekinian. Berikut beberapa daya tarik dari Chinatown Singapore:

Baca Juga  Mengintip Christmas Wonderland Garden By The Bay Singapura Ada Apa Saja?

1. Representasi keragaman budaya

Chinatown Singapore mempunyai beberapa tempat ibadah tertua yang dimaksud berlokasi di dalam jantung kota Chinatown. Batasan lokasi antara kawasan kuno dengan modern ini menjadi rumah bagi keberagaman budaya, sekaligus menjadikan satu-satunya Chinatown di area dunia yang dimaksud mempunyai kuil Buddha, masjid, serta kuil Hindu di dalam sepanjang jalannya.

2. Nikmati arsitektur tempat ibadah

Dikenal dengan deretan tempat-tempat ibadahnya, Chinatown menyajikan arsitektur rumah ibadah yang digunakan luar biasa. Saat mengunjungi Buddha Tooth Relic Temple & Museum, pengunjung akan meninjau arsitektur kuil yang dimaksud menyesuaikan bentuk mandala lalu dilengkapi dengan pagoda yang digunakan indah.

Sementara itu, kuil Hindu Sri Mariamman Temple miliki interior yang digunakan sarat dengan lukisan mural juga altar persembahan bagi dewa-dewa. Tak terpencil dari kuil tersebut, ada Masjid Jamae yang dimaksud mempunyai gaya arsitektur nan ikonis yang membuatnya menjadi salah satu tujuan wisata religi populer.

Baca Juga  Keindahan kawasan wisata taman laut Olele

3. Wisata Kuliner

Bagi penikmat kuliner, Chinatown Singapore juga bisa jadi menjadi surga makanan tradisional dari berbagai etnis yang ada di area sana. Untuk mendapatkan pengalaman secara segera mengenai tradisi kuliner multietnik Singapura, pengunjung dapat menjadikan Chinatown Food Street sebagai tujuan utama.

Ada deretan kedai yang tersebut menyuguhkan berbagai jajanan khas Singapura, mulai dari kwetiau goreng, orh luak, hingga bebek panggang kemudian kari khas India Selatan. Namun, apabila lebih besar menyukai berbagai pembaharuan kuliner, wisatawan dapat berkunjung ke Amoy Street Food Centre.

4. Beragam Destinasi Wisata

Mencakup empat subdistrik, yakni Kreta Ayer, Telok Ayer, Tanjong Pagar, dan juga Bukit Pasoh, Chinatown Singapore miliki beragam destinasi wisata. Melansir dari laman visitsingapore.com, ada 14 destinasi wisata unggulan di dalam Chinatown ini, mulai dari Chinatown Heritage Centre, Kuil Sri Mariamman, Masjid Jamae, Mohamed Ali Lane Mural, kemudian Tong Heng.

Di Chinatown Singapore juga ada juga Buddha Tooth Relic Temple & Museum, Sago Street, Chinatown Visitor Centre, 8 On Cheong Jewellery, Nanyang Old Coffee. Selain itu, ada Chinatown Complex, Nam’s Supplies, Kuil Thian Hock Keng, serta My Awesome Café.

RADEN PUTRI

Check Also

Mengenal sejarah peradaban Qatar pada Museum Nasional Qatar

Mengenal sejarah peradaban Qatar dalam Museum Nasional Qatar

Lingkar Post – Ibukota – Salah satu destinasi favorit para pelancong pada negara Qatar adalah …