Menparekraf: Teknologi digital pendukung utama perkembangan pariwisata

Menparekraf: Teknologi digital pendukung utama perkembangan pariwisata

lingkarpost.com Jakarta – Menteri Pariwisata serta Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan bahwa teknologi digital sekarang ini telah dilakukan lama menjadi pendukung utama yang digunakan yang memberi kemungkinan besar bagi kemajuan industri pariwisata dalam dalam Indonesia.

“Teknologi digital pada area Indonesia sudah menjadi sebuah tulang punggung lalu menjadi prospek bagi kita semua untuk mengembangkan bidang bidang perniagaan dengan memanfaatkan semua prospek yang dimaksud ada, termasuk kesempatan bagi pelaku bidang usaha wisata,” kata Menparekraf Sandiaga dalam sebuah acara daring yang tersebut hal tersebut dipantau dari Jakarta, Rabu.

Dia menegaskan bahwa semua industri, tak terkecuali industri pariwisata, harus terus berinovasi dengan gagasan baru supaya dapat berkembang maju meskipun gejolak situasi geopolitik, perlambatan ekonomi, juga kemungkinan bencana alam terus berlangsung. Menparekraf Sandiaga Uno mengapresiasi inisiatif pembinaan bisnis wisata oleh sektor swasta sebagai contoh kolaborasi positif antara pelaku bidang usaha wisata lalu dunia bidang usaha kreatif di area dalam desa-desa wisata dengan pihak swasta untuk kemajuan pariwisata nasional.

Baca Juga  tiket.com anugerahkan juara Jagoan Peluang Usaha Pariwisata 2023 terhadap bidang usaha wisata

Menparekraf Sandiaga menambahkan bahwa penganugerahan apresiasi kepada pelaku perniagaan pariwisata membantu merek itu beradaptasi dengan biosfer digital demi mengembangkan bisnisnya.

“Program ini juga sangat dekat dengan hati saya sebab ini merupakan upaya kita mengembangkan desa-desa wisata sehingga bukan Indonesia yang dimaksud mana membangun desa, tapi, desa wisatalah yang dimaksud mengupayakan pertumbuhan Indonesia,” ucap Menparekraf.

Baca Juga  Bagian Perjalanan Melesat Pasca Pandemi, Yogyakarta Genjot Kebutuhan Tenaga Kerja Terampil

Kemenparekraf berkomitmen mengembangkan pariwisata berbasis rakyat yang digunakan dimaksud berkelanjutan juga berkualitas melalui desa wisata, sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo.

“Apalagi, komitmen mengupayakan pengembangan desa wisata sudah ada dalam tempat RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) 2020—2024 kemudian kami mengedepankan prospek kearifan lokal dan juga juga perekonomian kreatif yang digunakan dimaksud optimal,” kata Sandiaga.

Untuk mencapai hal tersebut, Kementerian akan terus memperluas ruang usaha, menciptakan lapangan kerja, memberdayakan UMKM, serta menghasilkan nilai tambah bagi perekonomian masyarakat, kata Sandiaga.

Baca Juga  Menparekraf ungkap lima besar negara dengan syarat wisatawan asing ke Indonesia

Dalam rencana Penganugerahan Penghargaan Jagoan Pariwisata 2023, masing-masing pemenang kategori adalah Kampung Semai dalam Blitar, Jawa Timur yang dimaksud memenangkan nominasi Atraksi Wisata Terbaik, lalu Mandhasativa di dalam area Buleleng, Bali, yang digunakan dimaksud memenangkan nominasi Rumah Singgah (homestay) Terbaik.

Selain itu, item UMKM Keripik Kentang Lare dari Banjarnegara, Jawa Tengah, memenangkan penghargaan Kreasi Digital Terbaik, kemudian TPST Saling Peduli dari Pangandaran, Jawa Barat, memenangkan nominasi Beli Kreatif Desa Wisata (BeTiDeWi) terbaik.

Check Also

Mengenal sejarah peradaban Qatar pada Museum Nasional Qatar

Mengenal sejarah peradaban Qatar dalam Museum Nasional Qatar

Lingkar Post – Ibukota – Salah satu destinasi favorit para pelancong pada negara Qatar adalah …