Misi Akhiri Paceklik Gelar IBL, Pelita Jaya Bawa Pulang Brandon Jawato

Misi Akhiri Paceklik Gelar IBL, Pelita Jaya Bawa Pulang Brandon Jawato

lingkarpost.com – Pelita Jaya Bakrie Jakarta resmi “membawa pulang” Brandon Jawato jelang menghadapi musim baru Indonesian Basketball League (IBL).

Pemain timnas basket Indonesia itu kembali ke Pelita Jaya setelah sebelumnya membela tim Liga B Jepang SeaHorses Mikawa sejak tahun 2022.

Jawato, yang tersebut sebelumnya pernah membela Pelita Jaya pada kompetisi IBL 2016, pada saat ini menjadi bagian dari misi tim untuk mengakhiri paceklik gelar juara dalam liga.

Brandon Jawato sempat mencuri perhatian saat pertama kali muncul dengan membawa Pelita Jaya hingga ke puncak liga.

Baca Juga  Dua Kali Peraih MVP IBL Jamarr Johnson Merapat ke Borneo Hornbills

Meskipun pada saat itu timnya tidaklah berhasil menjadi juara, penampilan cemerlang Jawato meninggalkan kesan positif. Namun, cedera pada fase akhir musim pertamanya menghambat performanya.

Pemain naturalisasi Timnas basket Indonesia, Brandon Jawato. [Dok. FIBA]
Pemain naturalisasi Timnas basket Indonesia, Brandon Jawato. [Dok. FIBA]

Setelah pemulihan dari cedera, Jawato bergabung dengan CLS Knights Indonesia dan juga meraih kesuksesan sebagai juara dalam ASEAN Basketball League (ABL) musim 2018-2019.

Dia tampil cemerlang dengan membukukan 13 poin per gim, 4,3 rebound per gim, 2,5 assist per gim, dan juga 1,1 steal per gim dalam 36 pertandingan. Dia juga sukses membawa CLS Knights Indonesia menjadi juara.

Baca Juga  China Masters 2023: Bagas/Fikri Evaluasi Kekalahan dari Wakil China pada Babak Awal

Pada musim 2020, ia sempat bermain di area IBL bersama Indonesia Patriots yang digunakan merupakan proyek dari PP Perbasi. Saat itu Jawato bermain 13 pertandingan dengan kontribusi 16,7 ppg, 6,5 rpg, 1,8 apg, kemudian 1,4 spg.

Namun liga terhentikan dikarenakan pandemi, sehingga program Indonesia Patriots juga terpaksa dihentikan. Saat itu, Wato juga rekan-rekannya di area Indonesia Patriots digembleng untuk menyambut FIBA Asia Cup 2021.

Pada musim 2022-2023, Jawato bermain di area B.League Jepang dengan Sea Horses Mikawa setelah sebelumnya membela Utsonomiya Brex. Selain itu, dia juga menjadi bagian dari timnas basket Indonesia di tempat berbagai ajang internasional.

Baca Juga  Kumamoto Masters 2023: Sempat Beri Perlawanan, Jonatan Christie Akhinya Keok Lawan Viktor Axelsen

Pengalaman Jawato, baik di area level nasional maupun internasional, membuatnya menjadi aset berharga bagi Pelita Jaya. Kembalinya Jawato diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dan juga membantu tim mencapai ambisi merek untuk meraih gelar juara IBL.

Dengan diperkenalkannya Brandon Jawato, Pelita Jaya semakin menunjukkan tekad mereka itu untuk mengakhiri paceklik gelar juara setelah tiga musim berturut-turut mencapai final IBL namun belum berhasil meraih trofi juara, demikian Antara.

Check Also

Jelang MotoGP Qatar, Jorge Martin Atur Strategi Demi Cegah Francesco Bagnaia Pertahankan Gelar Juara

Jelang MotoGP Qatar, Jorge Martin Atur Strategi Demi Cegah Francesco Bagnaia Pertahankan Gelar Juara

Lingkar Post – Pembalap Prima Pramac Jorge Martin mengungkapkan strategi yang mana tepat dapat membuatnya …