Sejarah Timnas Maroko, Tim Afrika Pertama Melaju Semifinal Piala Dunia

Sejarah Timnas Maroko, Tim Afrika Pertama Melaju Semifinal Piala Dunia

lingkarpost.com Jakarta Sejak meraih kemerdekaan pada 1955, Maroko telah terjadi menegaskan diri sebagai salah satu tim terbaik di area benua Afrika. Tim ini juga dikenal dengan sebutan Atlas Lions.

Dilansir dari TransferMarkt, mereka itu meraih gelar Piala Afrika pertama mereka itu pada 1976. Mereka berhasil lolos ke Piala Dunia sebanyak lima kali, menjadi tim Afrika pertama yang mana berhasil melewati babak penyisihan grup pada 1986.

Debut Awal Timnas Maroko

Dikutip dari footballhistory.org, setelah meraih kemenangan dalam perjuangan kemerdekaan, Federasi Sepak Bola Kerajaan Maroko dibentuk pada tahun 1955. Tim nasional melakukan debut resmi merek pada tahun 1957, dengan hasil imbang 3-3 melawan Irak.

Penampilan perdana merek di area turnamen besar terjadi pada 1970, pada mana dia menjadi tim Afrika pertama yang mana lolos ke Piala Dunia melalui kualifikasi. Meskipun cuma meraih hasil imbang melawan Bulgaria serta dua kekalahan dari Jerman Barat lalu Peru, mereka menempati posisi terakhir dalam grup mereka.

Baca Juga  Prediksi Spanyol vs Jerman, Perempat Final Piala Planet U-17 Hari Ini: Head to Head, Susunan Pemain serta Live Streaming

Pada periode berikutnya, Maroko mulai mencuri perhatian di dalam Piala Negara Afrika. Setelah penampilan perdana pada 1972, gelar pertama diraih pada 1976, dalam mana Ahmed Makrouh menjadi pahlawan dengan mencetak gol penyama kedudukan di dalam menit akhir melawan Guinea.

Maroko terus menunjukkan prestasi gemilang dalam turnamen tersebut, mencapai posisi empat besar dalam tiga dari empat turnamen berikutnya, termasuk mengalahkan Mesir dalam perebutan tempat ketiga pada 1980.

Pencapaian di area Piala Dunia 

Pada 1986, skuad ini mencatat sejarah sebagai tim Afrika pertama yang dimaksud berhasil melewati babak penyisihan grup Piala Dunia. Di grup yang sulit, merekan mampu bermain imbang melawan Inggris juga Polandia serta mengalahkan Portugal dalam fase grup. Meski kalah tipis 0-1 dari Jerman Barat pada babak 16 besar, pencapaian ini membuka lembaran baru dalam sejarah sepak bola Maroko.

Baca Juga  Timnas Amerika Serikat sudah ada bukan sabar hadapi Jerman di dalam 16 besar Piala Global U-17

Pada 1994, Maroko kembali ke panggung Piala Dunia setelah absen empat tahun. Meskipun keluar tanpa kemenangan, penampilan solid dia memberikan kesan yang tersebut kuat.

Pada 1998, merekan melangkah lebih lanjut sangat dengan mengalahkan Skotlandia 3-0 lalu bermain imbang 2-2 dengan Norwegia. Sayangnya, harapan melangkah ke babak gugur pupus setelah kalah dari Norwegia, yang dimaksud menciptakan kejutan dengan mengalahkan Brasil pada pertandingan terakhir.

Maroko akhirnya kembali ke panggung Piala Dunia pada 2018. Grup yang dimaksud sulit dengan Spanyol, Portugal, lalu Iran mempersulit langkah mereka itu ke babak gugur. Setelah kalah 0-1 dari Iran dalam pertandingan pembuka, merekan dikalahkan 0-1 oleh Portugal yang dimaksud dipimpin oleh Ronaldo dan juga bermain imbang 2-2 dengan Spanyol di dalam babak terakhir.

Baca Juga  Kebobolan 19 Gol, Pelatih Kaledonia Baru Akui Timnya Tak Biasa Main Bertahan

Prestasi puncak sepak bola Maroko datang pada Piala Dunia 2022 dalam Qatar. Menjadi kejutan besar turnamen, dia berhasil memenangkan Grup F lalu mengeliminasi Spanyol kemudian Portugal. Namun, merek kalah dari Prancis dalam semifinal 2-0 pada 14 Desember 2022 dalam Stadion Al Bayt, Al Khor. 

Pilihan editor: Jadwal Piala Dunia U-17 2023 Maroko vs Indonesia, Ji Da Bin Siap tapi Memilih Waspada

Check Also

Jadwal Arema FC vs Persebaya: Bajul Ijo Siap Tempur!

GIANYAR – Persebaya Surabaya siap menghadapi Arema FC pada lanjutan Kejuaraan 1. Secara regu keadaan …