Siap-Siap! Akhir Tahun Masuk Tol Tanpa Buka Kaca Dimulai Lagi

lingkarpost.com –

Jakarta – Pada akhir tahun 2023, akan dimulai uji coba pengaplikasian sistem transaksi nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) pada ruas Jalan Tol Bali-Mandara. Rencana ini sempat tertunda pada pertengahan tahun lalu.

Hal ini terungkap saat Menteri Pekerjaan Umum serta juga Perumahan Rakyat (PUPR) menghadiri Rapat Anggota Tahunan Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) Tahun 2023 dengan tema “Pengusahaan Bisnis Jalan Tol Berkelanjutan” dalam Hotel Ayana Midplaza, Jakarta, Kamis (16/11/2023).

“Saya atas nama pemerintah mengucapkan terima kasih lalu apresiasi yang mana yang setinggi mungkin kepada ATI juga Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang digunakan yang selalu membantu pemerintah dalam pengerjaan jalan tol dalam area Indonesia dengan sebaik mungkin hingga sekarang kita sudah punya hampir 3.000 km jalan tol,” kata Basuki dikutip Jumat (17/11/2023).

Baca Juga  Tak Ada Hubungan Diplomatik, Kok Bisa RI-Israel Berdagang?

Basuki menyampaikan tiga hal yang mana perlu menjadi perhatian bagi ATI lalu BUJT dalam penyelenggaraan jalan tol ke depan. Pertama yaitu peningkatan tata kelola jalan tol.

“Tolong kita rapikan betul tata kelolanya terutama terkait tender internal di tempat area BUJT, tolong hati-hati. Saya ingin kita semua safe, jadi ke depan Kementerian PUPR akan cek nilai tukar perkiraan sendiri (HPS) dulu sebelum BUJT melakukan tender agar lebih lanjut lanjut akuntabel,” ujar Basuki.

Baca Juga  Sudah Tersangka! Firli Bahuri Ungkap Ini adalah Usai Diperiksa

Kedua yaitu penambahan penghijauan untuk meningkatkan estetika jalan tol. “Sekarang sudah mulai musim hujan, jadi saya mohon ditanam lebih banyak tinggi banyak lagi pada area sepanjang jalan tol terutama dalam junctionnya. Kalau mampu dibangun embung atau minimal dihutankan, kita tanami,” katanya.

Ketiga, tentang peningkatan pelayanan jalan tol. Menteri Basuki menyampaikan bahwa pada akhir tahun 2023, akan dimulai uji coba pemanfaatan sistem transaksi nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) pada ruas Jalan Tol Bali-Mandara. Penerapan sistem ini bertujuan meningkatkan efisiensj sistem pembayaran tol Indonesia.

Baca Juga  Detik-Detik UMP DKI Jakarta 2024 Mau Diumumkan Hari Ini

“Teknologinya saya yakin pasti sudah siap, tinggal tantangan culture kita seperti disiplin juga registrasi kendaraan serta regulasinya. Oleh oleh sebab itu itu, saya mohon dengan sangat dukungan dari seluruh BUJT untuk menyukseskan penerapan MLFF ini,” ujarnya.

Artikel Selanjutnya Wuss! Jokowi Resmikan Tol, Jakarta-Sukabumi Cuma 2,5 Jam

Check Also

Mendagri minta Pj. kepala wilayah segera penuhi anggaran pemilihan gubernur 2024

Mendagri minta Pj. kepala wilayah segera penuhi anggaran pemilihan gubernur 2024

Ibukota Indonesia – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memohon Pj. kepala wilayah segera memenuhi keinginan …