Bayar Tol Tanpa Stop Mulai Kapan? Ini Cara Bayar, Lokasi serta Jadwal Uji Cobanya di dalam area Indonesia

Bayar Tol Tanpa Stop Mulai Kapan? Ini Cara Bayar, Lokasi serta Jadwal Uji Cobanya di area Indonesia

lingkarpost.com Rencana penerapan bayar tol tanpa stop atau Multi Lane Free Flow (MLFF) menemukan titik terang. Menteri Pekerjaan Umum serta Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan proyek ini akan segera dilaksanakan tahap uji coba. Dikatakan oleh Basuki bahwa uji coba (MLFF) akan dilaksanakan pada bulan Desember minggu kedua.

Basuki juga mengungkapkan, bahwa uji coba akan dilaksanakan beberapa minggu kemudian akan dievaluasi. Jika masih ada kekurangan, maka akan dimprove dulu serta diuji coba lagi, kemudian setelah berhasil akan dikerjakan expand. Selain itu, Basuki juga mengatakan akan ada enam ruas jalan tol yang nantinya akan diuji coba menggunakan sistem MLFF. 

Baca Juga  Begini cara brand mewah Lexus menjamu konsumennya

Sistem MLFF Bayar Tol Tanpa Stop

Rencananya, uji coba sistem transaksi tanpa kontak atau MLFF ini akan dikerjakan di dalam enam ruas jalan tol, dimulai dari Jalan Tol Bali-Mandara. Sistem MLFF ini akan diterapkan pada Jalan Tol Bali Mandara sebagai uji coba. Apabila sukses, sistem akan berlanjut diterapkan pada jalan tol perkotaan dalam Jakarta.

Sebelumnya, uji coba sistem pembayaran tol tanpa berhenti dalam Tol Bali Mandara ini sempat tertunda, yang semula direncanakan akan berlangsung pada 1 Juni 2023.

Baca Juga  Pastikan Layanan Terbaik, PT Astra Tol Nusantara Nantikan Hasil Uji Coba MLFF pada Bali Mandara

Namun sekarang ini akan dijalani uji coba yang kedua pada minggu kedua bulan Desember mendatang. Kebijakan MLFF ini merupakan hasil kerja sebanding bilateral antara Indonesia kemudian Hungaria yang mana bertujuan untuk meningkatkan sistem pembayaran tol dalam Indonesia. 

Sistem MLFF ini akan menggunakan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) dengan transaksi pembayarannya melalui aplikasi Cantas di tempat smartphone. Pada aplikasi Catas, GPS akan menentukan lokasi yang tersebut dideterminasi oleh satelit lalu proses map-matching akan otomatis berjalan pada central system.

Baca Juga  Komunitas Otomotif Lebih Mudah Gelar Kopdar dengan Platform Terintegrasi

Saat kendaraan keluar gerbang tol serta proses map-matching akan otomatis berakhir kemudian sistem akan melakukan kalkulasi tarif sesuai dengan lintas jalan tol yang mana dilewati. 

Dengan diterapkannya sistem ini pengendara tiada perlu lagi berhenti dgerbang tol untuk melalukan pembayaran. Kendaraan dapat terus berjalan, sehingga tidaklah ada lagi antrian di dalam gerbang tol kemudian tentunya tambahan mempersingkat waktu tempuh. 

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Check Also

Spesifikasi LC200 yang mana digunakan Jeje pada event AXCR 2023

Spesifikasi LC200 yang digunakan Jeje pada event AXCR 2023

Lingkar Post – Ibukota – Pereli Indonesia Julian Johan akan mengikuti kegiatan Asia Cross Country Rally (AXCR) …