Wamenkeu: Pemerataan Kondisi Keuangan Masih jadi Tantangan

Wamenkeu: Pemerataan Kondisi Keuangan Masih jadi Tantangan

Lingkar Post – Wakil Menteri Keuangan RI Suahasil Nazara menilai bahwa distribusi pembagian merata perekonomian dan juga konvergensi Layanan Domestik Daerah Bruto (PDRB) antardaerah masih menjadi tantangan utama perekonomian Indonesia.

Menurutnya, keadilan yang dimaksud dapat atasi melalui pembangunan infrastruktur transportasi lalu energi, juga menggerakkan pusat pertumbuhan sektor ekonomi baru yang dimaksud bersumber dari industrialisasi lalu digitalisasi.

Baca Juga  Daerah Diminta Kreatif Cari Pendanaan

“Kita tiada ada keraguan bahwa yang tersebut namanya pertumbuhan ekonomi, kita harus cari sumber-sumber baru,” kata Suahasil pada Lokal Chief Economist Wadah di dalam Nusa Dua, Bali, hari terakhir pekan (8/12/2023).

Suahasil menilai, industrialisasi Indonesia tercermin dari kemungkinan modern sektor primer seperti pertanian, tambang, perkebunan seiring pembaharuan struktur ekonomi menuju sektor sekunder kemudian tersier.

Kemudian digitalisasi juga dapat dilihat dari proses inovasi industri yang mana mengupayakan efisiensi kemudian hasil atau layanan baru yang dimaksud lebih banyak spesifik, contohnya pemanfaatan kecerdasan buatan (artificial intelligence).

Baca Juga  PLN komitmen dukung akselerasi transisi energi di tempat Indonesia

Menurutnya, sinergi regional pada waktu ini diarahkan menuju status standar pelayanan minimum yang mana area miliki pembagian merata akses dan juga mutu pelayanan rakyat pada sektor pendidikan, kesehatan, pengembangan diri, kesempatan kerja, sosial, pensiun juga jaminan hari tua.

Oleh oleh sebab itu itu dibutuhkan adanya pengelolaan risiko yang mana baik. Kebutuhan mencapai keseimbangan pengelolaan risiko jangka pendek kemudian jangka panjang, sekaligus merancang faktor fundamental yaitu sumber daya manusia (SDM), infrastruktur, juga institusional.

Baca Juga  Pengaruh Negatif Pemanfaatan Kampas Rem Palsu Terhadap Sepeda Motor

“APBN harus senantiasa menjadi alat alokasi, distribusi, dan juga stabilisasi, dan juga perlu dijaga akuntabilitasnya,” ujarnya.

Check Also

Pelesiran pada Luar Negeri Makin Nyaman dengan Mengaktifkan Kartu Debit BRI lewat BRImo

Pelesiran pada Luar Negeri Makin Nyaman dengan Mengaktifkan Kartu Debit BRI lewat BRImo

Lingkar Post – JAKARTA – Berlibur ke luar negeri tentu tak lepas dengan berbagai keperluan …