Ambisi Besar PSSI, Target Naturalisasi Ragnar Oratmangoen Cs Rampung Sebelum Piala Asia 2023!

Ambisi Besar PSSI, Target Naturalisasi Ragnar Oratmangoen Cs Rampung Sebelum Piala Asia 2023!

lingkarpost.com – PSSI punya ambisi besar jelang Piala Asia 2023. Seluruh calon pemain naturalisasi termasuk Ragnar Oratmangoen ditarget sudah dapat membela Timnas Indonesia untuk event besar tersebut.

Hal itu disampaikan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Dia menegaskan pihaknya berupaya untuk menyelesaikan naturalisasi empat pemain keturunan sebelum entery by name Piala Asia 2023 pada 10 Desember mendatang.

Piala Asia 2023 akan berlangsung pada Qatar. Setelah China mundur sebagai host, ajang itu dijadwalkan bergulir pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

“Deadline pendaftaran kan 10 Desember, jadi, Jay Idzes, Justin Hubner, Ragnar Oratmangoen, dan juga Nathan Tjoe A On [diusahakan],” kata Erick Thohir di tempat Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), pada Kamis (16/11/2023).

Baca Juga  Komite Wasit akui gol Persiraja ke gawang PSMS Medan tak offside

“Itu kalau sanggup ya dapat register segera mungkin, untuk bisa saja memperkuat kejuaraan Asia senior maupun U-23 di area Kejuaran Asia dalam Qatar,” tambahnya.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir (pssi.org)
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir (pssi.org)

Ragnar Oratmangoen menjadi pemain keturunan terbaru yang tersebut masuk daftar naturalisasi untuk Timnas Indonesia. Sebelumnya terdapat tiga nama yang mana tengah menjalani proses perubahan kewarganegaraan itu yakni Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On serta Justin Hubner.

Baca Juga  Messi Cekik Lawan saat Argentina Kalah, Akui Uruguay Jago Ditangan Marcelo Bielsa

Khusus Justin Hubner, proses naturalisasi sang pemain hampir rampung. PSSI menggerakkan agar Keputusan Presiden (Kepress) bisa jadi keluar pekan ini sehingga sang pemain tinggal menjalani sumpah WNI.

“Proses [naturalisasi] Justin Hubner sedang didorong ke Pak Presiden, kalau mampu Pak Presiden mengeluarkan surat dalam satu minggu ini,” jelas Erick Thohir.

“Lalu untuk Nathan sejenis Jay sudah ada di dalam Kemenkumham, kita lagi tunggu prosesnya. Mudah-mudahan target 10 Desember kita bisa saja kejar gitu. Ragnar Oratmangoen juga kita coba dorong.”

Kehadiran empat pemain keturunan itu calon menciptakan jumlah keseluruhan pemain naturalisasi Timnas Indonesia kian variatif. Saat ini, setidaknya tujuh pemain keturunan telah terjadi menjadi langganan tim asuhan Shin Tae-yong.

Baca Juga  Tukar Nasib, Klub Pratama Arhan Barter dengan Tim yang tersebut Dibela Pemain Vietnam

Mereka adalah Elkan Baggott, Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, Marc Klok dan juga Rafael Struick. Di luar itu ada juga Stefano Lilipaly, Ezra Wallian hingga Ilija Spasojevic yang mana sempat beberapa kali dipanggil ke Timnas Indonesia.

Timnas Inddonesia tergabung pada Grup D pada Piala Asia 2023. Mereka satu grup dengan tim-tim kuat yakni Jepang, Irak lalu Vietnam.

Check Also

Jadwal Arema FC vs Persebaya: Bajul Ijo Siap Tempur!

GIANYAR – Persebaya Surabaya siap menghadapi Arema FC pada lanjutan Kejuaraan 1. Secara regu keadaan …