Hasil MotoGP Valencia 2023: Menangi Seri Terakhir, Francesco Bagnaia Sah Pertahankan Gelar Juara Planet

Hasil MotoGP Valencia 2023: Menangi Seri Terakhir, Francesco Bagnaia Sah Pertahankan Gelar Juara Planet

Lingkar Post – Pembalap pasukan pabrikan Ducati, Francesco Bagnaia merebut gelar kejuaraan juara dunia MotoGP untuk kali kedua secara beruntun seusai pesaing terbesarnya, Jorge Martin (Prima Pramac) terlibat kecelakaan dengan Marc Marquez dan juga tersingkir dari balapan MotoGP Valencia yang mana merupakan seri pamungkas MotoGP 2023.

Mengantongi keunggulan 14 poin di perebutan penghargaan juara dunia, Francesco Bagnaia memulai balapan di dalam Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Hari Minggu (26/11) waktu malam Waktu Indonesia Barat dari tempat terdepan pasca polesitter sebelumnya, Maverick Vinales (Aprilia Racing), dikenakan penalti untuk turun ke P4.

Memulai balapan dari sikap terdepan tentu cuma memberikan keuntungan tersendiri bagi sang peserta balap Italia, mengingat sebelumnya ia berada dalam P2, sementara Martin di dalam P6.

Bagnaia terus menjadi pemimpin di dalam dua lap pertama, sementara Martin berupaya mengejar dengan solid juga segera berada di dalam dekat Bagnaia.

Pada lap tiga di area Tikungan 1, Martin sempat menubruk motor Bagnaia ketika terjebak slipstream pada belakang rivalnya itu.

Baca Juga  LA Lakers Hingga Indiana Pacers Berebut Tempat di area Final Turnamen Tengah Musim NBA

Namun, Bagnaia mampu mempertahankan kendali motornya dan juga melaju dengan tenang, sementara sang pebalap kelompok Pramac Ducati harus melebar juga merosot berjauhan ke sikap kedelapan.

Sang peserta balap tuan rumah pun berada pada belakang Brad Binder serta Jack Miller (Red Bull KTM), Johann Zarco (Prima Pramac), Marquez, lalu Vinales. Martin pun mencoba untuk menyalip Vinales, sementara Marquez berjuang untuk merebut tempat empat besar.

Di sedang persaingan yang disebutkan lalu Bagnaia yang digunakan masih nyaman mengawasi pada depan, pada lap keenam, Martin lalu Marquez pun terlibat kontak kemudian kedua peserta balap Spanyol itu terjatuh, yang menimbulkan Bagnaia menjamin gelar kejuaraan keduanya tanpa perlu khawatir akan pesaing lainnya.

“Selamat untuk Pecco. Ini adalah adalah pertama kalinya saya bersaing di tempat (final) perebutan peringkat juara dunia. Saya berharap musim depan sanggup tampil tambahan baik dari ini,” kata Martin di tempat laman resmi MotoGP.

Baca Juga  Jelang MotoGP Valencia, Marc Marquez Ingin Selesaikan Musim Terakhir dengan Honda dengan Manis

Hal itu terbukti dengan Bagnaia yang dengan segera tampil lebih banyak tenang juga disalip oleh duo peserta balap pabrikan KTM.

Pembalap yang dimaksud akrab disapa Pecco itu sempat tak sanggup berkutik dari P3, namun, keberuntungan kelihatannya memang benar sedang berpihak kepadanya, menyusul Binder yang tersebut melakukan kesalahan kemudian kehilangan kedudukan terdepan, lalu Miller yang jatuh pada Tikungan 10 pada lap 20. Pecco pun dengan mudah kembali merebut tempat terdepan di tempat Valencia.

Pada tiga lap terakhir, Zarco kemudian Fabio Di Giannantonio (Gresini Racing) mencoba untuk menggeser kedudukan sang peserta balap pabrikan Ducati. Diggia terus memberikan tekanan untuk Bagnaia, seperti pada waktu di area GP Qatar, pekan lalu.

Pecco pada akhirnya mampu meredam tekanan kedua pebalap itu kemudian menyempurnakan harinya dengan finis sebagai yang digunakan tercepat, dan juga bergabung dengan Marquez lalu Valentino Rossi sebagai pebalap yang mana mampu merebut dua gelar kejuaraan juara dunia MotoGP secara beruntun.

Baca Juga  Pertahankan Gelar Juara Bumi MotoGP, Francesco Bagnaia: Kami Pantas Mendapatkan Gelar Hal ini

Sementara, Di Giannantonio dan juga Zarco melengkapi podium MotoGP Valencia.

Hasil Race MotoGP Valencia, Hari Minggu (26/11/2023):

1. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) 40 menit 58,535 detik
2. Fabio Di Giannantonio (Gresini) +0,176 detik
3. Johann Zarco (Prima Pramac) +0,360
4. Brad Binder (Red Bull KTM) +2,347
5. Raul Fernandez (CryptoDATA RNF Aprilia) +4,636
6. Alex Marquez (Gresini) +4,708
7. Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha) +4,736
8. Aleix Espargaro (Aprilia) +8,014
9. Luca Marini (Mooney VR46 Racing) +9,486
10. Maverick Vinales (Aprilia) +10,556
11. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) + 12,001
12. Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) +21,695
13. Lorenzo Savadori (Aprilia)* +43,297
14. Pol Espargaro (GASGAS Factory Tech3) +35,223

Gagal Finis:

Alex Rins (LCR Honda Castrol)
Jack Miller (Red Bull KTM)
Enea Bastianini (Ducati Lenovo)
Augusto Fernandez (GASGAS Factory Tech3)
Marc Marquez (Repsol Honda)
Jorge Martin (Prima Pramac)
Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing)

Check Also

Jelang MotoGP Qatar, Jorge Martin Atur Strategi Demi Cegah Francesco Bagnaia Pertahankan Gelar Juara

Jelang MotoGP Qatar, Jorge Martin Atur Strategi Demi Cegah Francesco Bagnaia Pertahankan Gelar Juara

Lingkar Post – Pembalap Prima Pramac Jorge Martin mengungkapkan strategi yang mana tepat dapat membuatnya …