Hitung-hitungan Rumit Timnas Indonesia U-17 Lolos ke 16 Besar Piala Dunia U-17 2023

Hitung-hitungan Rumit Timnas Indonesia U-17 Lolos ke 16 Besar Piala Dunia U-17 2023

lingkarpost.com – Peluang Timnas Indonesia U-17 untuk melangkah ke 16 besar Piala Dunia U-17 2023 hampir tertutup walau secara matematis prospek hal tersebut masih ada.

Terdapat hitung-hitungan yang mana cukup rumit untuk melihat bagaimana skema Timnas Indonesia mampu melangkah ke fase gugur ajang akbar milik FIFA ini.

Setelah mengalami kekalahan 1-3 dari Maroko dalam pertandingan terakhir Grup A di dalam Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Kamis (16/11/2023), potensi Garuda Asia untuk melangkah ke fase gugur menjadi semakin sulit.

Kekalahan dari Singa Atlas menciptakan Tim asuhan Bima Sakti berada dalam posisi ketiga dalam klasemen Grup A dengan dua poin dari tiga pertandingan.

Timnas Indonesia U-17 meraih dua poin itu setelah bermain imbang dengan Ekuador kemudian Panama pada dua pertandingan pertama dengan skor identik 1-1.

Baca Juga  Shin Tae-yong Pasti Bahagia, KMSK Deinze Berikan Kabar Terbaru tentang Marselino Ferdinan
Timnas Indonesia U-17. (pssi.org)
Timnas Indonesia U-17. (pssi.org)

Meskipun memiliki poin yang digunakan mirip dengan Panama, Timnas Indonesia U-17 unggul dalam produktivitas gol dengan selisih 3-2.

Meski berada dalam posisi ketiga Grup A, kesempatan lolos ke 16 besar melalui jalur ini hampir mustahil.

Timnas Indonesia U-17 saat ini menempati posisi keempat dalam klasemen peringkat tiga terbaik, yang merupakan batas akhir untuk melangkah ke babak selanjutnya.

Posisi ini sangat rawan untuk digeser oleh empat tim dari Grup E dan juga F, yang dimaksud akan menyelesaikan pertandingan terakhir pada Sabtu (18/11/2023).

Hitung-hitungan Rumit Timnas Indonesia ke 16 Besar Piala Dunia U-17 2023

Pemain Timnas Indonesia U-17 Welber Jardim coba melewati pemain Maroko U-17 dalam matchday ketiga Grup A Piala Dunia U-17 2023 dalam Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Kamis (16/11/2023). [Dok. LOC Piala Dunia U-17 2023]
Pemain Timnas Indonesia U-17 Welber Jardim coba melewati pemain Maroko U-17 dalam matchday ketiga Grup A Piala Dunia U-17 2023 di dalam Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Kamis (16/11/2023). [Dok. LOC Piala Dunia U-17 2023]

Dalam Grup E, Meksiko memiliki kesempatan besar untuk menggusur posisi Timnas Indonesia dengan satu poin yang mana mereka itu miliki.

Baca Juga  Juventus Menang Tipis 1-0 saat Lawan Fiorentina di Markasnya

Jika Meksiko berhasil menang melawan Selandia Baru, merekan akan dipastikan lolos ke babak 16 besar.

Meksiko calon lolos dikarenakan mengoleksi empat poin. Jumlah itu sudah tambahan dari cukup untuk mengangkangi Timnas Indonesia (2 poin) juga peluang poin maksimal Korea Selatan maupun Burkina Faso di dalam Grup F.

Sementara itu, Korea Selatan serta Burkina Faso, yang tersebut saat ini mempunyai nol poin, juga miliki prospek untuk lolos ke babak selanjutnya.

Salah satu dari dia akan lolos andai meraih kemenangan dengan syarat pertandingan Meksiko vs Selandia Baru tiada menghasilkan pemenang.

Satu-satunya kesempatan agar Timnas Indonesia U-17 lolos ke-16 besar adalah berharap Meksiko vs Selandia Baru dan juga Korea Selatan vs Burkina Faso tidaklah menghasilkan pemenang.

Baca Juga  Kemenangan Telak Muenchen di Markas Dortmund Dijamin Aman

Khusus untuk laga Meksiko lawan Selandia Baru, hasil imbang harus 0-0 agar produktivitas gol duta CONCACAF itu tidaklah melewati Timnas Indonesia U-17.

Saat ini, Timnas Indonesia U-17 mengoleksi dua poin dengan selisih gol -2 (3 gol, 5 kebobolan). Andai Meksiko imbang kontra Selandia Baru dengan skor 0-0, maka total poin, selisih gol, produktivitas gol juga kebobolan merek akan identik dengan Garuda Asia.

Di titik ini, penentuan siapa tim yang berhak melangkah ke 16 besar dengan status peringkat tiga terbaik akan ditentukan oleh Fair Play poin yakni menghitung total kartu kuning maupun kartu merah yang tersebut didapatkan kedua tim.

Check Also

Jadwal Arema FC vs Persebaya: Bajul Ijo Siap Tempur!

GIANYAR – Persebaya Surabaya siap menghadapi Arema FC pada lanjutan Kejuaraan 1. Secara regu keadaan …