Jokowi Masuk Tokoh Muslim Berpengaruh Dunia, Hal ini adalah Alasannya

Jokowi Masuk Tokoh Muslim Berpengaruh Dunia, Ini adalah Alasannya

Lingkar Post

Jakarta – Presiden Joko Widodo kembali masuk ke pada daftar muslim paling berpengaruh di dalam dunia 2024, versi The Muslim 500. Daftar itu rutin dirilis sejak 2010, juga Jokowi telah dilakukan masuk daftar 500 muslim paling berpengaruh sejak awal masa pemerintahannya, yakni 2014.

The Muslim 500 merupakan terbitan The Royal Islamic Strategic Studies Centre yang dimaksud berlokasi di dalam Amman, Yordania. Pada terbitan edisi 2024 itu, Jokowi masuk ke pada urutan 13, pasca sebelumnya pada 2014 menempati peringkat ke-11.

Baca Juga  Gunung Marapi Sumbar Meletus, Abu Vulkanik Tembus 3.000 Unit

Jokowi juga masih masuk pada The Top 50 pada edisi terbaru ini. Ia satu peringkat dalam bawah Pangeran Arab Saudi Mohammad bin Salman, lalu satu peringkat pada menghadapi Imam Besar Al-Azhar Sheikh Ahmed Al Tayyeb. Peringkat pertama ialah Habib Umar bin Hafiz pimpinan Sekolah Dar-al Musthafa.

Selain Jokowi, di daftar The Top 50 dari 500 Muslim Paling Berpengaruh itu, yang dimaksud berasal dari Indonesia juga ada Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf, juga pendakwah Habib Muhammad Luthfi bin Yahya.

Baca Juga  Agus Rahardjo Jelaskan Alasan Ungkap Jokowi Minta Setop Kasus E-KTP

Di di buku itu, disebutkan biografi Jokowi, lalu ia masuk kategori musl berpengaruh dari sisi politisi atau pemerintahan. Buku ini juga menjelaskan perjalanan karier Jokowi sebelum terjun di dalam dunia politik, Wali Pusat Kota Solo, Gubernur DKI Jakarta, hingga Presiden Indonesia selama dua periode 2014-2019 dan juga 2019-2024.

Turut disebutkan pada dalamnya keberhasilan Jokowi terpilih sebagai presiden Indonesia untuk kedua kalinya pada April 2019, dengan perolehan pernyataan 55,5 persen. Wakil Presiden Ma’ruf Amin turut disinggung pada buku itu sebagai pasangan Jokowi yang dimaksud merupakan pemimpin Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Bahkan, secara khusus buku ini menyoroti budaya blusukan Jokowi yang sangat terkenal dalam Indonesia. “Presiden Joko Widodo menjadi terkenal dikarenakan kunjungan dadakan untuk meninjau lalu mendengar segera dari publik dalam komunitas lokal,” dari The Muslim 500 edisi 2024 itu, diambil CNNIndonesia, Minggu (3/12/2023).

Baca Juga  China Tiba-Tiba Patroli di area Laut Arab, Ada Apa?

The Muslim 500 merupakan survei yang dimaksud diadakan The Royal Islamic Strategic Studies Centre yang mana berafiliasi dengan Royal Aal Al-Bayt Institute for Islamic Thought di tempat Amman, Yordania. Mereka rutin merilis deret tokoh Muslim paling berpengaruh pada dunia setiap tahunnya.

Artikel Selanjutnya Jokowi Ikhlas Dihina Bodoh serta Dijuluki Firaun

 

Check Also

Buka puasa bersatu Partai Demokrat dan juga Prabowo Subianto

Artikel ini disadur dari Buka puasa bersama Partai Demokrat dan Prabowo Subianto Baca Juga  Agus …