Kapal Pesiar MS Westerdam Singgah ke Lombok Membawa Ribuan Wisman

Kapal Pesiar MS Westerdam Singgah ke Lombok Membawa Ribuan Wisman

Lingkar Post Mataram – Kapal pesiar dari Belanda MS Westerdam bersandar di dalam Pelabuhan Gilimas Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Hari Sabtu pagi, 2 Desember 2023. Kapal pesiar itu menyebabkan 1.848 orang wisatawan di negara lain (wisman) untuk berkeliling ke beberapa destinasi wisata dalam Lombok.

Taman Narmada, Taman Lingsar, Pasar Seni Sesela, serta Senggigi menjadi tujuan dari belasan bus yang mana mengangkut para wisatawan tersebut. Selain itu, Museum Negeri Provinsi NTB juga bisa saja menjadi pilihan. 

Selain menggunakan bus, beberapa orang wisatawan asing juga terlihat memilih freelance tour guide sebagai pemandu merek untuk berkeliling ke banyak destinasi yang tersebut ada.

Baca Juga  Rekomendasi 6 Makanan Khas Ambon yang mana Lezat Menggugah Selera

Bulan lalu, Pelabuhan Gilimas kedatangan 3 kapal pesiar, sementara Desember ini dijadwalkan akan ada tiga lagi yang digunakan berlabuh.

‘’MS Westerdam ini yang dimaksud pertama,” kata Kepala Area Pemasaran Dinas Peluang Usaha Pariwisata (Dispar) Lobar Irman Sumantri.

Sejumlah wisatawan dari kapal pesiar Belanda MS Westerdam yang bersandar di dalam Pelabuhan Gilimas, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Sabtu, 2 Desember 2023 (Dok. Dinas Peluang Usaha Pariwisata Wilayah Lombok Barat)

Kedatangan kapal pesiar ke Lombok ini diharapkan Irman bisa saja mengangkat kepariwisataan pada Lobar. “Kita harus berbenah untuk tahun depan untuk dapat memberikan pelayanan yang mana lebih lanjut maksimal ketika menyambut wisatawan yang tersebut datang, semoga sekadar tahun depan akan banyak kapal pesiar lagi yang mana berlabuh,” ujarnya.

Baca Juga  5 Pemandangan Memesona di tempat Gunung Rinjani, dari Padang Savana hingga Air Terjun

Di tempat berbeda Direktur Utama PT Tripat Eko Esti Santoso selaku pengelola Taman Narmada mengaku senang kedatanga sejumlah wisatawan asing. Dia mengucapkan terima kasih untuk pihak terkait serta teman-teman guide yang dimaksud telah memberikan kepercayaan untuk singgah dalam Taman Narmada. ‘’Sekaligus membantu kami untuk memperkenalkan wisata kami, khususnya destinasi wisata Taman Narmada,” ucap Eko.

Baehaqi, salah satu freelance tour guide yang dimaksud ditemui ketika sedang mengantar wisatawan ke Taman Lingsar juga merasa bersyukur dengan kedatangan kapal pesiar ke Lombok. Baginya kedatangan wisatawan kapal peaiar ini menjadi pemasukan tambahan untuk membiayai keluarganya. “Alhamdulillah saya dapat pemasukan, rezeki untuk biaya hidup keluarga,” kata Baehaqi.

Baca Juga  7 Rekomendasi Tempat Wisata untuk Libur Nataru di tempat Medan

Ia mendampingi wisman dari Australia kemudian mengantar ke mall lalu Lingsar. ‘’Alhamdulilah saya dikasih rupiah sekitar Rp650 ribu semata-mata pada waktu tiga jam,” kata beliau sambil tersenyum.

Kapal pesiar MS Westerdam yang bersandar pada pukul 7 pagi tadi kemudian lepas sandar pukul 23.00 Wita juga akan berangkat melanjutkan pelayaran ke Pelabuhan Benoa, Bali.

SUPRIYANTHO KHAFID

 

Check Also

Mengenal sejarah peradaban Qatar pada Museum Nasional Qatar

Mengenal sejarah peradaban Qatar dalam Museum Nasional Qatar

Lingkar Post – Ibukota – Salah satu destinasi favorit para pelancong pada negara Qatar adalah …