Mengenal Sirloin, Daging Sapi Prime Cut yang tersebut yang disebutkan Sering Diolah Menjadi Steik

Mengenal Sirloin, Daging Sapi Prime Cut yang tersebut Sering Diolah Menjadi Steik

Lingkar Post Jakarta – Steik dari daging sapi cukup populer pada kalangan publik Indonesia. Namun, tak banyak yang tersebut mengenal betul bagian-bagian daging sapi yang mana banyak diolah menjadi steik. 

Vindex Tengker, salah satu chef populer di dalam Indonesia, mengungkapkan bahwa bagian daging yang digunakan rutin diolah menjadi steik adalah prime cut. “Prime cut itu ada tiga, tenderloin atau kita menyebutnya lulur dalam, terus kemudian ada has luar atau sirloin, kemudian rib eye. Jadi itu tiga yang biasa dibikin menjadi steak,” kata Chef Vindex Tengker yang merupakan salah satu juri di dalam acara National Butchery Competition 2023 di dalam Jakarta, Kamis, 30 November 2023. 

Bagian ini paling jarang digerakkan sapi sehingga dagingnya cenderung lembut.  Tidak membutuhkan waktu lama untuk memasaknya sampai matang. Itu sebabnya bagian ini cocok untuk steik. 

Baca Juga  Destinasi Paling Favorit pada Tahun 2024 Menurut Airbnb Negeri Matahari Terbit Urutan Teratas

Di antara tiga jenis prime cut, orang rutin kali memilih sirloin. Has luar adalah potongan daging sapi dari bagian primal loin atau subprimal sirloin, yaitu otot besar di dalam pinggul sapi. Otot ini banyak digunakan, dan juga penuh dengan rasa.

Ternyata sirloin pun terbagi lagi menjadi beberapa bagian. Pilihan memasaknya pun berbeda-beda lantaran karakteristik daging yang mana berbeda pula. 

Jenis sirloin

1. Top Sirloin

Potongan daging ini paling beraroma, serbaguna, kemudian lezat. Top sirloin sangat baik sebagai steak atau diolah menjadi kebab.

2. Sirloin Cap

Sirloin cap, atau disebut juga sebagai “Coulotte” atau “Picanha”, terletak pada berhadapan dengan sirloin, dengan lapisan lemak yang dimaksud melimpah. Daging ini memiliki kelembutan yang dimaksud luar biasa, menjadikannya pilihan ideal untuk dipanggang.

Baca Juga  Certified emergency medical technician was killed.

3. Center Cut Sirloin

Sirloin bagian melawan yang digunakan dipotong di tempat berada dalam adalah steak dengan ukuran sedang yang digunakan diiris dari bagian berhadapan dengan sirloin yang tersebut beraroma. Ini adalah adalah alternatif tidak mahal untuk steak yang dimaksud lebih banyak empuk. Bagian ini dapat dipanggang atau digunakan untuk menciptakan kebab.

4. Sirloin Center Steak

Steak tarif ekonomis ini berasal dari bagian kaki sapi. Meskipun dagingnya relatif ramping, marinasi dan juga memanggang potongan ini dapat memberikan hasil yang lezat.

5. Sirloin Roast

Sirloin tip center roast adalah salah satu dari beberapa potongan dari sirloin top pada dekat bagian sedang sapi. Potongan ini ideal untuk dipanggang atau direbus oleh sebab itu dagingnya cukup empuk.

Baca Juga  Daftar Wisata Waktu petang Jakarta, Menikmati Sisi Menarik Ibu Daerah Perkotaan

Prime cut tidak untuk rendang

Chef Stefu Santoso, juri lainnya di dalam National Butchery Competition 2023, menambahkan bahwa ia bukan akan menggunakan daging prime cut seperti sirloin untuk masakan wet cooking seperti rendang. 

“Kalau rendang saya bukan akan pernah mau pakai tenderloin, saya tak akan pernah mau pakai sirloin, saya tak akan pernah mau pakai rib eye, lantaran rendang adalah proses cooking yang tersebut cukup lama tujuannya supaya kaldu daripada daging itu mampu masuk ke saus ,” tambah Chef Stefu Santoso. 

Executive Chef of APREZ Catering itu juga mengungkapkan bahwa untuk memasak rendang sebaiknya memakai daging secondary cut, contoh sengkel, pipi, brisket. “Itu bagus untuk bikin rendang akibat ia butuh waktu lama untuk benar-benar empuk,” kata dia. 

LAYYIN AQILA | AUSSIE MEAT ACADEMY

 

Check Also

Mengenal sejarah peradaban Qatar pada Museum Nasional Qatar

Mengenal sejarah peradaban Qatar dalam Museum Nasional Qatar

Lingkar Post – Ibukota – Salah satu destinasi favorit para pelancong pada negara Qatar adalah …