Profil Marc Klok Gelandang Persib Bandung Andalan Timnas Indonesia

Profil Marc Klok Gelandang Persib Bandung Andalan Timnas Indonesia

lingkarpost.com Jakarta – Pesepak bola jika Persib Bandung, Marc Klok, menjadi salah satu pemain yang mana dipanggil pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong untuk membela Merah Putih dalam putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 pada November ini. Bergabung dalam Grup F bersama Irak, Vietnam, serta Filipina, skuad Garuda akan menjalani laga pembuka pada Kamis, 16 November 2023 melawan Irak.

Melansir dari laman PSSI, Marc Klok menjadi salah satu pemain langganan timnas Indonesia. Dia mencatat total 17 penampilan dengan 1.357 waktu bermain. Selain itu, dia juga telah terjadi menyumbang 4 gol kemudian 1 assist selama berseragam tim nasional.

Pria yang mana akrab disapa Klok ini merupakan pemain naturalisasi Indonesia yang dimaksud diambil sumpahnya pada November 2020. Setelah itu, dia membela timnas untuk mengisi slot pemain senior yang dimaksud berposisi sebagai gelandang.

Lantas, seperti apa profil Marc Klok, gelandang Persib Bandung andalan timnas Indonesia? Simak rangkuman informasi selengkapnya berikut ini.

Profil Marc Klok

Marc Anthony Klok atau yang digunakan lebih besar dikenal dengan nama Marc Klok adalah manusia pemain sepak bola berkewarganegaraan Indonesia yang digunakan lahir pada 20 April 1993 dalam Amsterdam, Belanda. Dia memperkuat Persib Bandung sejak 30 Juni 2021.

Baca Juga  Datangkan top skor Kompetisi 1, Persija semakin percaya diri hadapi liga

Melansir dari laman resminya, marcklok.com, Klok memulai debutnya sebagai pesepak bola profesional pada 9 November 2013. Kala itu, dia bermain untuk Ross County melawan Celtic.

Sebelum bermain untuk tim senior, dia tercatat pernah membela klub Belanda, FC Utrecht U-19, sebelum akhirnya pemasaran ke Utrecht U21. Setahun merumput bersama Utrecht U21, Klok hijrah ke klub Skotlandia, Ross County serta berhasil debut bersama tim senior.

Kepindahannya ke Ross County menghasilkan dia harus meninggalkan Belanda pada usia 19 tahun. Sejak saat itu, dia mulai berkeliling dunia untuk bermain dan juga memenangkan trofi dalam berbagai negara, seperti Skotlandia, Bulgaria, Inggris, juga Indonesia.

Melansir dari situs Transfermarkt, pemain berusia 30 tahun hal tersebut telah lama membela beberapa klub, dari negara-negara Eropa, seperti dari Cherno More, Oldham Athletic, lalu Dundee FC. Dia menginjakkan kakinya di dalam Indonesia untuk pertama kali ketika didatangkan PSM Makassar dari Dundee FC pada 15 April 2017.

Proses Panjang Naturalisasi

Setelah bermain pada kasta tertinggi sepak bola Tanah Air, Klok menjadi pemain naturalisasi pada November 2020. Namun, untuk bisa saja berseragam timnas Indonesia, dia harus melalui proses yang cukup panjang. Hal yang disebut terjadi oleh sebab itu dia gagal membuktikan garis keturunan maksimal dari kakek atau neneknya ke FIFA.

Baca Juga  Timnas Vietnam Siapkan Strategi Khusus Menjamu Indonesia, Troussier: Harus Ambil Risiko

Karena itu, dia harus memenuhi Statuta FIFA mengenai lama tinggal untuk mampu membela timnas Indonesia. Setelah proses naturalisasi dan juga pengambilan sumpahnya sebagai Warga Negara Indonesia selesai, Marc akhirnya berkesempatan untuk melakukan debut bersama tim Merah Putih.

Dia baru bisa saja bermain dengan seragam berlambang Garuda di tempat dada dalam gelaran SEA Games 2021 pada Mei 2022. Saat itu dia dipanggil oleh Shin Tae-yong untuk mengisi slot pemain senior dalam timnas U-23 yang tersebut berlaga di dalam ajang tersebut. Di ajang tersebut, Indonesia semata-mata mampu meraih medali perunggu.

Berdasarkan catatan Tempo, pesepak bola berusia 30 tahun ini tercatat bermain untuk timnas U-23 sebanyak enam kali. Sementara, untuk timnas senior sebanyak 17 penampilan dengan empat gol dan juga satu assist. Debutnya bersama timnas senior dilaksanakan saat Indonesia bermain imbang 0-0 melawan Bangladesh dalam laga persahabatan pada 1 Juni 2022 ketika usia 29 tahun 1 bulan 12 hari. 

Baca Juga  Prediksi Timnas U-17 Maroko vs Indonesia di dalam Piala Dunia U-17 2023: Jadwal Live, Kondisi Tim, H2H, Perkiraan Formasi

Sisi Lain Marc Klok

Melansir dari situs resmi pribadinya, Klok miliki jiwa wirausaha yang digunakan besar pada luar karier sepak bolanya. Media digital, real estate, peningkatan kinerja, kemudian fashion adalah empat bidang yang dimaksud dia minati di dalam luar lapangan hijau. 

Pada awal tahun 2016, ia memulai Performance Brand-nya sendiri, di dalam mana dia ingin membantu atlet lain mendapatkan peralatan pemulihan terbaik kemudian membantu merekan tetap berada di area puncak permainannya. Dia kemudian menciptakan Amplify Sports bersama dengan Fabian Sporkslede.

Di Indonesia, Klok miliki label MK untuk menyoroti area abu-abu antara olahraga dan juga gaya hidup. Dia mendirikan MK untuk mengekspresikan perjalanannya, semangat, lalu energi positif, sehingga bisa jadi menjadi penyemangat bagi orang lain untuk mewujudkan impiannya. 

Untuk saat ini, label MK terbatas pada fashion. Namun, dia berencana akan segera menawarkan barang nutrisi sehat untuk meningkatkan kesadaran tentang dampak pola makan guna mencapai kehidupan yang dimaksud sehat.

Itulah rangkuman informasi mengenai profil Marc Klok, gelandang Persib Bandung andalan Timnas Indonesia.

RADEN PUTRI

Pilihan Editor: Kualifikasi Piala Dunia 2026: Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong Tak Gentar dengan Kekuatan Irak

Check Also

Jadwal Arema FC vs Persebaya: Bajul Ijo Siap Tempur!

GIANYAR – Persebaya Surabaya siap menghadapi Arema FC pada lanjutan Kejuaraan 1. Secara regu keadaan …