Sudin KPKP Jakarta Pusat menambah 50 pertanian perkotaan pada 2023

Sudin KPKP Jakarta Pusat menambah 50 pertanian perkotaan pada 2023

lingkarpost.com – Jakarta – Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan juga Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat sudah menambah 50 titik pertanian perkotaan sepanjang 2023.

“Di tahun 2022 sudah ada 233 titik urban farming (pertanian perkotaan), kemudian ini kami sudah tambah lagi 50 titik pada beberapa jumlah agregat wilayah Jakarta Pusat,” kata Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Pusat Penty Yunesi Pudyastuti dihubungi pada Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan penerapan pertanian perkotaan dengan konsep pertanian modern hidroponik sebagai upaya pemerintah membantu warga mencukupi kebutuhan pangan secara mandiri.

Baca Juga  PT Pertamina Lubricants dan juga PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Kerja Sama Kembangkan Pelumas Industri

“Jadi dengan adanya pendampingan urban farming ini minimal di dalam tempat tingkat keluarga sudah dapat memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari,” ucapnya.

Selain memberikan bantuan sebagian unit peralatan lalu material hidroponik, Sudin KPKP Jakpus juga mendampingi langsung warga agar sanggup memanfaatkan sisa lahan yang mana dimaksud ada, seperti pekarangan rumah, gang-gang kelurahan, rooftop atau lantai atap perkantoran, sekolah-sekolah, bahkan rumah sakit untuk menyetorkan sayuran lalu buah-buahan.

“Termasuk juga ruang penduduk terpadu ramah anak RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak) ya, juga juga paspampres, jadi terus kami gencarkan penghijauan dengan menginvestasikan tanaman yang dimaksud hal tersebut produktif atau menghasilkan,” ucapnya.

Baca Juga  Kemarin, uji coba perdana MLFF sampai pertanian di tempat IKN Nusantara

Masyarakat yang hal itu konsisten membudidayakan tanaman hidroponik, ujarnya, tiada hanya saja sekadar dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari, tetapi juga menjual, sehingga mampu menggerakkan roda perekonomian.

Dirinya mencontohkan area hidroponik hasil binaan Sudin KPKP yang dimaksud dikembangkan pada dalam Kelurahan Kebon Kosong, Kecamatan Kemayoran yang digunakan dimaksud sudah mempunyai pelanggan tetap, dalam mana setiap hari warga mengirimkan kangkung segar delapan kilogram.

Baca Juga  BPJS Ketenagakerjaan Gandeng Tanamduit, Beri Kemudahan Partisipan Penanaman Modal Di SBN

Keberhasilan pertanian perkotaan juga ditunjukkan dari hasil budi daya tanaman hidroponik dalam Markas Komando Paspampres, dalam mana dalam satu minggu rutin memenuhi 90 kilogram sayur permintaan pelanggan.

“Banyak orang menyukai sayur hidroponik ini lantaran tambahan aman serta rasanya lebih lanjut tinggi renyah, termasuk minimarket (toko modern) di area tempat Jakarta ini juga sudah banyak yang dimaksud berlangganan,” kata Penty.

 

Check Also

Pelesiran pada Luar Negeri Makin Nyaman dengan Mengaktifkan Kartu Debit BRI lewat BRImo

Pelesiran pada Luar Negeri Makin Nyaman dengan Mengaktifkan Kartu Debit BRI lewat BRImo

Lingkar Post – JAKARTA – Berlibur ke luar negeri tentu tak lepas dengan berbagai keperluan …