5 Rekomendasi Kuliner Khas Kupang, Memanjakan Lidah

5 Rekomendasi Kuliner Khas Kupang, Memanjakan Lidah

lingkarpost.com – Jakarta – Indonesia adalah negara yang dimaksud miliki keberagaman destinasi wisata yang digunakan indah, termasuk Kupang. Salah satu daerah yang dimaksud ada pada Nusa Tenggara Timur ini miliki wisata alam yang mana menarik perhatian para pengunjung dari luar daerah.

Bukan semata-mata wisata, kuliner khas Kupang juga menjadi daya tarik wisatawan. Berikut merupakan rekomendasi kuliner khas Kupang yang dapat dicoba:

1. Se’i 

Se’i  adalah rekomendasi kuliner pertama yang mana wajib dicoba ketika mengunjungi Kupang. Makanan ini dalam bentuk daging asap yang mana dimasak menggunakan kayu bakar dari jarak jauh. Dilansir dari Warisan Budaya Takbenda Indonesia, pengolahannya memproduksi daging matang merata belaka dengan asap panas. Awalnya, Se’i biasa dibuat dengan daging rusa, tetapi tergantikan oleh sebab itu sudah langka untuk ditemukan. Selain itu, rusa juga menjadi salah satu satwa dilindungi oleh pemerintah. Saat ini, publik NTT akan menggunakan daging sapi atau babi untuk mengolahnya menjadi Se’i. 

Baca Juga  Nikmati Kuliner Klasik Spanyol di tempat The Westin Jakarta

2. Catemak Jagung

Catemak jagung menjadi hidangan penutup favorit dari rakyat NTT. Makanan ini berkuah dann berbahan dasar jagung. Tak hanya sekali jagung, catemak juga dilengkapi dengan kacang-kacangan, seperti kacang tanah dan juga kacang hijau. Kemudian, makanan ini dapat disajikan bersama sayuran hijau atau labu lilin. Catemak jagung biasanya diolah dengan penyedap masakan serta aneka bumbu rempah sehingga menghasilkan rasa asin menyegarkan. 

Baca Juga  Kisah Jalan Suryakencana, Surga Kuliner Perkotaan Bogor di area Lintasan Jalur Anyer-Panarukan

3. Ikan Kuah Belimbing

Ketika ingin mencicipi kuliner dengan cita rasa pedas juga menyegarkan, ikan kuah belimbing dapat menjadi pilihan. Makanan ini merupakan khas NTT yang dimaksud berbahan dasar ikan tongkol. Kesegaran makanan ini datang dari kuahnya yang mana dimasak menggunakan belimbing wuluh. Sementara cita rasa pedas berasal dari jahe, serai, bawang, juga cabai. 

4. Kolo

Sama dengan daerah lainnya di tempat berbagai kota, Kupang juga miliki nasi bakar yang digunakan disebut kolo. Masyarakat Kupang lalu wilayah di tempat NTT lainnya sering menyajikan kolo di tempat upacara sakral. Kolo dalam bahasa setempat disebut “tapa kolo” berarti nasi bumbu yang dibakar. Kolo biasanya terbuat dari beras yang dimaksud dicampur dengan berbagai bumbu kemudian rempah-rempah. Kemudian, makanan akan dibakar dalam atas bara api. 

Baca Juga  Rekomendasi wisata mendaki gunung pada Indonesia

5. Ubi Nuabosi

Ubi Nuabosi adalah salah satu jenis umbi-umbian yang tersebut menjadi makanan favorit penduduk Kupang. Ubi ini mampu mengandung banyak karbohidrat sehingga dapat menjadi pengganti nasi. Saat dimakan, ubi nuabosi miliki tekstur yang mana lembut sehingga enak untuk dikunyah. Lalu, ubi ini juga mengandung serat yang jarak jauh lebih banyak sedikit. Masyarakat kupang mengolah ubi nuabosi dengan garam lalu direbus. Makanan ini juga bisa jadi dinikmati dengan ikan asin juga sambal goreng. 

KGEZIA INOVA | M. RAFI | KEMDIKBUD | BUDAYA INDONESIA
Pilihan editor: Gempa Merusak Kantor Pemerintah pada Kabupaten Kupang

 

Check Also

Mengenal sejarah peradaban Qatar pada Museum Nasional Qatar

Mengenal sejarah peradaban Qatar dalam Museum Nasional Qatar

Lingkar Post – Ibukota – Salah satu destinasi favorit para pelancong pada negara Qatar adalah …