Ada Program Inkubasi Sahabat FINATRA, UMKM Otomotif Bidang Otoparts Punya Peluang Besar Bergabung juga Cetak Sukses

Ada Program Inkubasi Sahabat FINATRA, UMKM Otomotif Bidang Otoparts Punya Peluang Besar Bergabung juga Cetak Sukses

lingkarpost.com Pekan lalu dalam acara Silaturahmi FIFGROUP dengan Editor Media, Margono Tanuwijaya, CEO FIFGROUP menyatakan bahwa Usaha Mikro, Kecil, kemudian Menengah atau UMKM adalah tulang punggung perekonomian Indonesia.

Sehingga tumbuh dan juga berkembang bersama sektor dunia usaha mikro turut menjadi bagian dari cita-cita perusahaan pembiayaan yang tersebut berada di dalam bawah PT Astra International Tbk–perusahaan nasional yang memiliki 272 anak usaha, antara lain bergerak di tempat sektor otomotif, layanan pembiayaan, serta asuransi–ini.

Kemudian, pada Rabu (15/11/2023) FINATRA menggelar workshop program Sahabat FINATRA di dalam kantor FIFGROUP Cabang Pasar Minggu, Pejaten, Jakarta Selatan.

Kegiatan itu mengajak para pengusaha UMKM mengikuti workshop belajar habitat pasar atau rantai pasok, lalu mengenal secara sederhana rantai supply tiada hanya sekali di tempat sektor operation, tetapi rantainya dari hulu sampai hilir. Caranya belajar dibawakan secara interaktif, ada permainan atau games sehingga bisa saja memahami materi secara cepat.

Baca Juga  Ini produk-produk lokal & UMKM favorit konsumen di area Shopee 11.11 Big Sale
Salah satu peserta Program Inkubasi Sahabat FINATRA yang digunakan akan datang memasarkan dimsum dengan menyewa pengemudi sepeda motor dengan boks jualan [Suara.com/CNR ukirsari].
Salah satu peserta Program Inkubasi Sahabat FINATRA yang calon memasarkan dimsum dengan menyewa pengemudi sepeda motor dengan boks jualan [Suara.com/CNR ukirsari].

Riezky Candra Novariz, Microfinancing Partnership and Marketing Development Head FIFGROUP menyatakan bahwa kurang lebih tinggi 18 bulan FINATRA menggelar layanan bagi UMKM, total customer mencapai 14 ribu yang dimaksud sudah mendapatkan akses permodalan.

“Pembiayaan total mencapai Rp 913 miliar dari proyeksi Rp 1,2 triliun yang tersebut coba digelontorkan kepada UMKM sebagai akses permodalan,” paparnya.

Sedangkan sektor UMKM yang mana dilayani, customer existence terbesar adalah groceries atau pengecer yang dimaksud mencapai 50 persen, dilanjutkan 30-40 persen food and beverages, land transportation, tekstil, serta otoparts dengan pencapaian 1 persen.

Baca Juga  Mobil Listrik Wuling Binguo EV Catat Angka Pemesanan 1.000 Unit Dalam Waktu Singkat

“Customer kami yang mana bergerak di dalam bidang otomotif ada, seperti punya bengkel lalu mengedarkan spareparts, akan tetapi belum menjadi major customer kami,” lanjut Riezky Candra Novariz.

Otoparts atau otomotif spareparts sejatinya bukanlah hal awam bagi FINATRA, mengingat induknya, FIFGROUP (Federal International Finance) sendiri mempunyai layanan pembiayaan untuk sepeda motor Honda dari PT Astra Honda Motor. Sehingga, sektor otomotif dalam FINANTRA yang mana masih diwakili perolehan di dalam bawah satu persen tetap disebut sebagai potential customer.

PT Astra Honda Motor sebagai value chain Astra akan dijajaki FINATRA untuk pengembangan sektor spareparts otomotif atau suku cadang otomotif.

“PT Astra Honda Motor mempunyai layanan bengkel authorized AHASS (Astra Honda Authorized Service Station), ada tiga macam layanan yang mana dimiliki. Satu yang digunakan miliki bagian penjualan, servis, juga spareparts, ada yang mana semata-mata melayani servis dan juga jualan spareparts, kemudian terakhir hanya sekali mengirimkan spareparts. Bagian kedua kemudian ketiga inilah yang akan kami sasar untuk pengembangan sektor otoparts ini,” tukas Riezky Candra Novariz.

Baca Juga  Proyeksi EV Tahun Depan, Toyota Indonesia Gencar Lakukan Pendekatan Netralitas Karbon

Lewat penuturannya itu, maka tetap terbuka potensi bagi para pelaku atau pengusaha UMKM yang tersebut memilih sektor otomotif. Juga seperti telah terjadi disebutkannya bahwa usaha bengkel serta spareparts otomotif sudah hadir dalam portofolio FINATRA, meskipun dalam persentase kecil.

Diharapkan sektor otomotif juga akan tumbuh seperti sektor-sektor lain yang digunakan termasuk dalam Sahabat FINATRA. Mari para pengusaha UMKM otomotif bergabung dalam program seru ini.

Check Also

Daihatsu hadirkan 20 unit Xenia edisi terbatas pada di GIIAS 2023

Daihatsu hadirkan 20 unit Xenia edisi terbatas di dalam GIIAS 2023

Lingkar Post – DKI Jakarta – Daihatsu menghadirkan 20 unit Xenia edisi terbatas pada di …