China akan gunakan presidensi DK PBB tanggapi serangan ke RS Al-Shifa

China akan gunakan presidensi DK PBB tanggapi serangan ke RS Al-Shifa

lingkarpost.com Beijing – Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Mao Ning mengatakan China akan menggunakan posisinya sebagai presiden bergilir di tempat dalam Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) untuk menanggapi serangan Israel terhadap rumah sakit Al-Shifa dalam Gaza.

"Situasi kemanusiaan di dalam tempat Gaza sangat meresahkan lalu memilukan. Sebagai presiden bergilir Dewan Keamanan PBB bulan ini, China akan menanggapi seruan komunitas internasional maupun meningkatkan koordinasi dengan pihak-pihak terkait khususnya negara-negara Arab," kata Mao Ning saat menyampaikan keterangan rutin kepada media dalam Beijing, China pada Rabu.

Militer Israel menyerbu RS Al-Shifa pada tempat kota Gaza pada Rabu pagi setelah sebelumnya melakukan serangan besar pada dalam sekitar RS tersebut. Direktur jenderal rumah sakit Gaza, Dr Muhammad Zaqout menyebut pasukan Israel menyerbu gedung operasi kemudian ruang gawat darurat pada rumah sakit yang juga melakukan pencarian di tempat dalam ruang bawah tanah RS.

Baca Juga  Kazakhstan ajak Indonesia bentuk komite bidang usaha untuk perkuat kemitraan

"Kami mengutuk semua tindakan yang digunakan yang merugikan warga sipil kemudian melanggar hukum internasional. China sudah pernah berulang kali menyerukan gencatan senjata serta mencegah bencana kemanusiaan lebih tinggi besar lanjut," ungkap Mao Ning.

Mao Ning menyebut China telah lama dikerjakan berupaya untuk melakukan mediasi selama ini.

"Kami pun akan terus bekerja sejenis dengan berbagai pihak untuk memainkan peran berpartisipasi juga juga konstruktif dalam menghentikan permusuhan, meredakan ketegangan, menghadirkan situasi kemanusiaan, juga pada akhirnya mewujudkan perdamaian Palestina-Israel melalui solusi dua negara," tambah Mao Ning.

Mao Ning juga mengatakan sebagai presiden bergilir DK PBB, China ingin menegakkan keadilan, membangun konsensus, serta menggalakkan tindakan yang mana yang disebut lebih lanjut besar bertanggung jawab kemudian bermakna DK PBB sehingga dapat melindungi warga sipil juga memulihkan proses perdamaian.

Baca Juga  UNRWA: 108 staf tewas sejak dimulainya pertempuran di dalam Daerah Gaza

"Anda mungkin telah terjadi lama memperhatikan bahwa Utusan Khusus Pemerintah China untuk Masalah Timur Tengah Zhai Jun telah dilakukan lama mengunjungi negara-negara terkait lalu terlibat dalam upaya mediasi perdamaian baru-baru ini. Kami akan terus memainkan peran bergerak juga konstruktif untuk meredakan situasi," ungkap Mao Ning.

Pasukan Israel menyerbu RS Al-Shifa yang mana yang merupakan RS terbesar di tempat dalam Gaza lantaran menduga Hamas miliki pusat komando bawah tanah yang tersebut hal itu berada pada tempat bawah RS, tuduhan yang mana dimaksud dibantah keras oleh kelompok Palestina serta pejabat kesehatan.

Baca Juga  Tentara Israel luncurkan ledakan dari ruang bawah tanah RS Al-Shifa

Dr Zaqout menegaskan bahwa tentara Israel tak menemukan bukti adanya anggota kelompok perlawanan Palestina, Hamas, yang dimaksud mana bersembunyi dalam dalam atau sekitar rumah sakit. Hal itu bertolak belakang dengan tuduhan Israel sebelum menyerbu kompleks RS itu.

Juru bicara WHO Margaret Harris mengatakan RS bukan hanya saja sekadar menaungi 700 pasien tapi juga 400 staf kesehatan juga sekitar 3.000 orang pengungsi.

Dia juga menambahkan bahwa RS melaporkan 20 pasien meninggal dalam 48 jam terakhir.

Israel mulai melakukan serangan ke Gaza setelah serangan mendadak lintas batas oleh Hamas pada 7 Oktober 2023 dimana sebanyak 1.200 orang tewas lalu 200 lainnya dibawa ke Gaza sebagai sandera. Israel kemudian pada Jumat merevisi korban jiwa menjadi 1.400.

Check Also

Kazakhstan ajak Indonesia bentuk komite bidang bisnis untuk perkuat kemitraan

Kazakhstan ajak Indonesia bentuk komite bidang usaha untuk perkuat kemitraan

Menurut Abdykarimov, kedua negara terlibat bekerja identik di area berbagai sektor, dari minyak lalu gas, …