Dinas Peternakan Mimika beri bantuan pakan bagi 500 peternak OAP

Dinas Peternakan Mimika beri bantuan pakan bagi 500 peternak OAP

Harapan kami bantuan pakan ternak yang dimaksud kami subsidi ini, semoga dapat meringankan juga memudahkan peternak OAP

lingkarpost.com – Timika – Dinas Peternakan kemudian Kesehatan Hewan Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, memberikan bantuan pakan ternak bagi 500 peternak Orang Asli Papua (OAP) pada daerah ini.

Kepala Dinas Peternakan lalu juga Kesehatan Hewan Sabelina Fitriani di tempat tempat Timika, Jumat, mengatakan pihaknya memberikan subsidi pakan ternak bagi peternak OAP dengan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2023.

Baca Juga  Saham GoTo Ambles 4 Persen Hingga di area Bawah Rupiah 100, Ternyata Ada Rumor Ini adalah

 

“Harapan kami bantuan pakan ternak yang dimaksud dimaksud kami subsidi ini, semoga dapat meringankan serta memudahkan peternak OAP,” katanya.

 

Menurut Sabelina, pihaknya memberikan pakan yang dimaksud digunakan tergolong hemat dengan selisih tarif jual sebesar Rp117.000 per kilo gram, yang tersebut digunakan terdiri dari 25 kilo gram jagung, konsentrat 10 kilo gram, tepung ikan 7,5 kilo gram juga dedak 7,5 kilo gram.

Baca Juga  Sepekan, Mendag minta dukungan Australia sampai pertanian dalam IKN

 

“Bahan pakan ini kita datangkan dari luar Kabupaten Mimika sebagai pakan alternatif yang dimaksud tambahan terjangkau dari sisi harganya,” ujarnya.

 

Dia menjelaskan, pakan alternatif ini memang tidaklah unggul yang dimaksud dari pabrik tetapi akan lebih lanjut lanjut sehat ketimbang peternak memberikan sisa makanan yang mana mana dikumpulkan dari tempat sampah.

 

“Jika ternak diberikan sisa makanan dari tumpukan sampah maka akan menghasilkan ternak menjadi tiada sehat juga berdampak pada konsumen,” katanya lagi.

Baca Juga  Heboh Boikot, Ternyata Impor RI dari Israel Masih Tinggi

 

Dia menambahkan Dinas Peternakan kemudian Kesehatan Hewan Mimika menyiapkan 500 sak pakan, kemudian selanjutnya akan dibagikan bagi 500 peternak OAP dalam daerah ini, dengan harapan peternak dapat mencontoh alternatif yang tersebut yang disebut diberikan.

“Pakan alternatif ini juga sebagai bentuk dorongan kepada organisasi perangkat daerah terkait guna menyiapkan bahannya, contohnya jagung sehingga kita tiada selalu mengambil dari luar Mimika,” ujarnya.

 

Check Also

eksekutif Bakal Buka Kembali Ekspor Benih Lobster

eksekutif Bakal Buka Kembali Ekspor Benih Lobster

Lingkar Post – JAKARTA – Menteri Kelautan serta Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono akan kembali membuka …