KTT APEC kali ini diklaim tegaskan komitmen pada perdagangan bebas

KTT APEC kali ini diklaim tegaskan komitmen pada perdagangan bebas

lingkarpost.com – Jakarta – Asisten Menteri Luar Negeri Amerika Serikat untuk Urusan Asia Timur serta Pasifik Daniel Kritenbrink mengatakan pertemuan tingkat tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) dalam San Fransisco pada Kamis waktu setempat menegaskan komitmen bersama dalam mengiklankan perdagangan serta pengerjaan dunia usaha yang tersebut digunakan bebas, adil kemudian terbuka pada seluruh kawasan.

"Ini juga sekaligus untuk memajukan pertumbuhan yang tersebut dimaksud inklusif juga berkelanjutan," kata Kritenbrink dalam konferensi pers digital terkait APEC serta Pertemuan Bilateral President Joe Biden-Presiden China Xi Jingpin, yang digunakan dimaksud dipantau dari Jakarta, Jumat.

Baca Juga  Pertemuan Pemimpin Sektor Bisnis APEC hasilkan Deklarasi Golden Gate

Dengan mengangkat tema "Menciptakan Masa Depan Tangguh serta Berkelanjutan untuk Semua", APEC tahun ini digelar dengan harapan mengupayakan masa depan yang digunakan yang tangguh juga berkelanjutan bagi seluruh anggotanya di tempat area masa mendatang.

Kritenbrink menyebutkan dalam forum tersebut, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menekankan jadwal perekonomian yang mana positif bersama rekan-rekannya pada dalam seluruh kawasan, selain terus mengupayakan program yang mana dalam berbagai forum kegiatan ekonomi internasional.

Baca Juga  Amerika Serikat memveto resolusi DK PBB yang tuntut gencatan senjata segera di dalam Kawasan Gaza

Blinken juga menekankan komitmen AS terhadap kawasan serta menyokong upaya memperkuat kemitraan dengan seluruh anggota kawasan Indo-Pasifik pada tengah tantangan besar pada seluruh dunia.

"Dalam menghadapi tantangan yang mana yang belum baru kali ini di dalam dalam seluruh dunia, komitmen serta fokus kami terhadap kawasan ini semakin kuat," kata Kritenbrink.

Kritenbrink mengatakan bahwa dalam forum itu Blinken menekankan keyakinan AS terhadap visi komunitas Asia-Pasifik yang dimaksud terbuka, dinamis, tangguh lalu damai, di area dalam mana perekonomian negara bebas memilih jalan kemudian juga mitranya sendiri.

Baca Juga  Desakan untuk DK PBB atasi konflik Israel-Palestina

"Semua permasalahan ditangani secara terbuka, sementara peraturan dibuat secara transparan dan juga juga diterapkan secara adil," kata Kritenbrink.

Kritenbrink menyebutkan Presiden juga Wakil Presiden AS antusias menyambut para pemimpin perekonomian APEC di area dalam San Francisco. Keduanya menyoroti hubungan kegiatan dunia usaha jangka panjang AS dengan negara-negara Asia-Pasifik serta juga Indo-Pasifik.

Check Also

Kazakhstan ajak Indonesia bentuk komite bidang bisnis untuk perkuat kemitraan

Kazakhstan ajak Indonesia bentuk komite bidang usaha untuk perkuat kemitraan

Menurut Abdykarimov, kedua negara terlibat bekerja identik di area berbagai sektor, dari minyak lalu gas, …