Indonesia kemudian Belanda setuju tingkatkan kerja sejenis siber

Indonesia kemudian Belanda setuju tingkatkan kerja sejenis siber

Jakarta – Indonesia serta Belanda setuju meningkatkan kerja mirip dalam bidang siber dengan menandatangani nota kesepahaman (MoU) kerja mirip dalam bidang itu.

"Indonesia merupakan mitra paling penting bagi Belanda. Kami ingin terus meningkatkan juga memperluas kemitraan kami," kata Menteri Luar Negeri Belanda Hanke Bruins Slot saat bertemu dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi pada Jakarta, Selasa.

Baca Juga  Temui Menlu Inggris, Retno tegaskan kekejaman di area Daerah Gaza harus dihentikan

Rilis pers kedutaan besar Belanda di tempat tempat Indonesia menyebutkan bahwa Bruins Slot lalu juga Kepala Badan Siber lalu Sandi Negara (BSSN) Indonesia Hinsa Siberian sudah menandatangani MoU peningkatan kerja serupa dalam bidang siber.

Belanda menilai perekonomian, demokrasi lalu rakyat kedua negara tergantung kepada keamanan serta keandalan produk-produk serta koneksi digital.

Ketergantungan yang tersebut disebut diperkirakan meningkat pada masa mendatang. Oleh sebab itu, penyetoran modal  keamanan siber menjadi penyertaan modal bagi masa depan kedua negara.

Baca Juga  Jepang, Amerika Serikat serta negara lain tingkatkan energi nuklir global pada 2050

Melalui kerja sebanding ini, Indonesia juga Belanda akan berupaya mengimplementasikan hal itu dengan aksi nyata, misalnya dengan mengadakan konsultasi siber bilateral tahunan.

Kedua negara juga setuju berupaya membangun kapasitas serta melakukan pertukaran praktik-praktik terkait siber.

Kedua negara juga menyepakati pengerjaan sektor ekonomi senilai 300 jt euro (Rp5,05 triliun) dalam sektor-sektor hijau seperti iklim kemudian energi, pertanian kemudian juga pangan, kesehatan, air juga infrastruktur.

Baca Juga  "Persiapan 'Gila' Indonesia untuk Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023 Disebutkan oleh Pelatih Timnas Brasil"

Investasi jangka panjang itu ditujukan untuk menciptakan lapangan kerja, pertumbuhan kegiatan ekonomi berkelanjutan, juga lingkungan yang tersebut hal itu tambahan bersih kemudian aman sehingga menurunkan biaya layanan kesehatan.

 

Check Also

Kazakhstan ajak Indonesia bentuk komite bidang bisnis untuk perkuat kemitraan

Kazakhstan ajak Indonesia bentuk komite bidang usaha untuk perkuat kemitraan

Menurut Abdykarimov, kedua negara terlibat bekerja identik di area berbagai sektor, dari minyak lalu gas, …