Kemenparekraf membantu usaha kuliner Indonesia pada pada IndoStar Pitching Day

Kemenparekraf membantu usaha kuliner Indonesia di dalam IndoStar Pitching Day

Lingkar Post – Ibukota Indonesia – Sebanyak 20 partisipan dari kegiatan Indonesian Restaurant Fundraising (IndoStar) berhasil tampil pada pada forum IndoStar Pitching Day 2023 yang mana diselenggarakan secara daring pada Hari Hari Sabtu (4/11) sebagai inisiasi dari Deputi Lingkup Industri juga Penanaman Modal Kemenparekraf untuk menggalang pengembangan kegiatan kegiatan bisnis restoran Indonesia di area tempat luar negeri.

"Mari berkolaborasi mengupayakan pembiayaan sektor kuliner Indonesia oleh sebab itu setiap dana yang mana diinvestasikan tidaklah hanya saja belaka menjadi modal bisnis, tetapi juga menjadi dukungan nyata untuk memperluas sayap juga mengangkat derajat kuliner Indonesia di tempat area mata dunia,” kata Menteri Kans Usaha Wisata lalu Industri Bisnis Kreatif Sandiaga Uno melalui keterangan persnya, Minggu.

 

Sebagai informasi, Indonesian Restaurant Fundraising (IndoStar) Pitching Day 2023 merupakan forum untuk para finalis IndoStar mempresentasikan item perniagaan lalu business plannya ke para calon investor, business development, founder perusahaan termuka, culinary expert dan stakeholder lainnya.

 

Adapun para finalis terpilih berasal dari partisipan kegiatan Indonesian Restaurant Fundraising (IndoStar), yakni platform akses pembiayaan pertama bagi pengembangan kegiatan bidang usaha restoran Indonesia di dalam area luar negeri. Proyek ini diinisiasi oleh Deputi Industri Industri lalu Penguraian Usaha Kemenparekraf pada menggalang kegiatan nasional Indonesia Spice Up The World (ISUTW).

 

Baca Juga  Resep memproduksi brownies cokelat ala Gordon Ramsay
Salah satu restoran yang digunakan berhasil tampil di IndoStar Pitching Day 2023 pada Hari Hari Sabtu (4/11/2023) kemarin. (ANTARA/HO-Kemenparekraf)

 

Program ini meliputi pelatihan lalu pendampingan yang digunakan terstruktur juga masif agar bidang perniagaan partisipan terpilih dapat pada scale up dengan lebih banyak berbagai pesat juga siap mendapatkan pembiayaan dari calon pemodal juga kolaborasi skema pendanaan perbankan maupun non perbankan.

 

Sebelumnya, sebanyak 68 usaha restoran dari berbagai negara telah lama dilaksanakan mendaftar untuk acara IndoStar 2023 pada Maret 2023. Dari 68 kontestan yang tersebut digunakan mendaftar, ada 18 kontestan yang mana bukanlah memenuhi kriteria, sehingga semata-mata sekali 50 pendaftar yang mana berhasil dinyatakan lolos menjadi partisipan IndoStar 2023.

 

Pendaftar yang tersebut berhasil lolos menjadi partisipan IndoStar tahun ini tersebar di 5 benua pada dunia, yaitu benua Asia dengan 14 peserta, Eropa dengan 12 peserta, Amerika dengan 11 peserta, Australia dengan 10 peserta, juga Afrika dengan 3 peserta.

 

Setelah itu, para partisipan yang mana berhasil lolos harus mengikuti rangkaian kegiatan pembekalan, meliputi pendampingan, mentoring, lalu inkubasi selama kurang lebih tinggi besar 5 bulan (Mei-Oktober 2023). Pelajaran pembekalan yang digunakan dimaksud diberikan pada para peserta, yakni business model canvas, business plan and financial plan, financial for non finance, investment plan, juga materi lainnya.

 

Kini, dari 50 Anggota IndoStar yang tersebut digunakan berhasil lolos pada tahap pembekalan, sebanyak 26 kontestan telah dilakukan lama mengakumulasi pitch deck lalu 20 pitch deck di tempat di antaranya sudah pernah diadakan memenuhi kategori ready to pitching. Sebanyak 20 partisipan inilah yang digunakan yang dimaksud berhasil tampil untuk mengikuti IndoStar Pitching Day 2023.

Baca Juga  Warung Makan khas Jawa bidik warga DKI Jakarta yang rindu kampung halaman

 

 

 

Menariknya, IndoStar Pitching Day kali ini bertepatan dengan perayaan dua tahun sejak dicanangkannya inisiatif nasional Indonesia Spice Up the World (ISUTW).

 

 

 

“Kegiatan IndoStar Pitching Day 2023 ini diharapkan tersalurkannya pendanaan dari para penanam modal untuk pengembangan perusahaan kontestan kemudian juga dapat meningkatkan kemampuan partisipan pada hal komunikasi, riset, problem solving, kreativitas kemudian public speaking dalam upaya pengembangan bisnis,” kata Deputi Lingkup Industri kemudian Penyertaan Modal Rizki Handayani.

 

 

 

Sementara itu, beberapa jumlah keseluruhan pelaku bidang kuliner turut hadir pada kegiatan ini dan juga juga berpartisipasi sebagai mentor, antara lain Widjiono Yono juga Ravita Datau, lalu juga dihadiri para investor, seperti BNI, Bizhare, KoinWorks, venture capital, kemudian lainnya.

Check Also

Sasa ramaikan event otomotif “Decemblar Kustom Weekender” di dalam di Ancol

Sasa ramaikan event otomotif “Decemblar Kustom Weekender” di dalam Ancol

Lingkar Post – Ibukota – Korporasi makanan juga bumbu masakan, PT Sasa Inti menyapa penggemar …