Mengenal Prosedur TAVI, Bedah Minim Invasif Untuk Pasien Stenosis Aorta Parah

Mengenal Prosedur TAVI, Bedah Minim Invasif Untuk Pasien Stenosis Aorta Parah

lingkarpost.com Stenosis Aorta (SA) merupakan salah satu kelainan katup jantung yang sering ditemui, lalu juga merupakan indikasi untuk dilakukannya operasi penggantian katup. Seringkali penanganan pada lansia menjadi tantangan tersendiri bagi tenaga medis. 

Kabar baiknyya sekarang ada prosedur Transcatheter Aortic Valve Implantation (TAVI). merupakan seni bedah modern secara minimal invasif yang diperuntukkan untuk individu (terutama kalangan lanjut usia) dengan stenosis aorta yang mana parah sehingga pembedahan tidaklah lagi memungkinkan.

Stenosis aorta terjadi dikarenakan kalsifikasi yang tersebut menyebabkan katup antara ventrikel kiri dan juga aorta tiada terbuka sepenuhnya sehingga sulit bagi darah untuk mengalir ke seluruh tubuh.

Baca Juga  Cegah Bonus Demografi Malah Jadi Beban Kesehatan, Cakupan Vaksinasi Influenza Harus Ditingkatkan
Prosedur TAVI untuk pasien Stenosis aorta.
Prosedur TAVI untuk pasien Stenosis aorta.

Masalah pada katup jantung merupakan salah satu penyebab utama kematian dan juga morbiditas kardiovaskular di area dunia, juga patologi degeneratifnya dikaitkan dengan proses penuaan.

Umumnya, prosedur bedah konvensional kurang sesuai untuk pasien lanjut usia yang dimaksud mengalami degenerasi katup. Prosedur TAVI salah satunya diimplementasikan Cardiac Vascular Sentral Kuala Lumpur (CVSKL). 

 “Prosedur TAVI sudah mengubah paradigma dalam penanganan stenosis aorta parah, memberikan harapan kepada pasien yang digunakan tak sesuai untuk dikerjakan operasi terbuka keatasnya. Kerjasama luar biasa antara kolega serta tim kathlab memverifikasi semua kasus kompleks dikoordinasikan dengan baik, untuk hasil yang tersebut terbaik kemudian perawatan yang tersebut berkualitas international,” ujar Datuk Dr. Rosli, konsultan ahli jantung CVSKL. 

Baca Juga  5 Jenis Kanker Payudara: Mana Paling Ganas?

Datuk Dr. Rosli merupakan perintis dalam prosedur TAVI. Ia adalah salah satu dari dua ahli pembimbing TAVI terkemuka pada Malaysia serta bersama-sama dengan konsultan ahli jantung, Datuk Dr. Tamil Selvan Muthusamy dan juga Dr. Choo Gim Hooi sebagai operator kedua serta ketiga.

Dr Rosli memimpin tim dalam prosedur panjang berdurasi selama 2 jam dan juga membuahkan hasil yang dimaksud memuaskan. Datuk Dr. Rosli mengekspresikan kegembiraannya dalam pencapaian ini dan juga memuji kerja identik tim sebagai kunci berhasilan. 

Baca Juga  Eka Hospital Bekasi Gaungkan Perawatan Kaki Diabetes

Sejak didirikan pada tahun 2020, program Pusat Keunggulan Jantung Struktural pada CVSKL menjadi kekuatan dalam mendiagnosis dan juga mengatasi kondisi jantung struktural yang tersebut mempengaruhi katup, dinding, ruang, juga otot jantung. Kondisi-kondisi ini mungkin bawaan atau timbul akibat usia senja. Pencapaian sejarah CVSKL menunjukkan dedikasi Tim CVSKL dalam menyediakan perawatan mutakhir serta inovatif untuk pasien. CVSKL selalu menjadi pilar penting dalam memajukan perawatan jantung kemudian pembuluh darah dalam Malaysia.

Check Also

Dokter RSCM: Infeksi Pneumonia Mycoplasma Lebih Ringan Daripada wabah pandemi Covid-19

Dokter RSCM: Infeksi Pneumonia Mycoplasma Lebih Ringan Daripada wabah Covid-19

Lingkar Post – Publik diminta tidak ada perlu khawatir dengan adanya ancaman infeksi pneumonia mycoplasma …