PLN Jamin Pasokan Listrik untuk Piala Dunia U-17 dalam Solo, Antisipasi Pengamanan Gangguan hingga 5 Lapis

PLN Jamin Pasokan Listrik untuk Piala Dunia U-17 dalam Solo, Antisipasi Pengamanan Gangguan hingga 5 Lapis

Solo – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Tengah juga Yogyakarta menjamin pasokan tanpa kedip tanpa padam selama berlangsungnya Piala Dunia U-17 2023 dalam Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah. PLN juga menyiagakan 332 personelnya untuk antisipasi lalu penanganan jika terjadi hambatan listrik ketika pertandingan berlangsung.

Hal itu diungkapkan Mochamad Soffin Hadi, General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Tengah & Yogyakarta, dalam konferensi pers di tempat Media Center, Hotel Solia Zigna Solo, Rabu, 15 November 2023.

“Untuk kebutuhan Piala Dunia U-17 pada Stadion Manahan sebagai venue utama itu 6 megawatt. Dipastikan cukup, akibat kami mempunyai cadangan daya itu 1.500 megawatt untuk seluruh Jawa Tengah. Beban puncak secara keseluruhan sebesar 5.200 megawatt, sedangkan total supply-nya masih tersedia 6.700 megawatt. Jadi kami punya cadangan 22 persen serta itu masih sangat cukup,” ujar Soffin.

Baca Juga  Maroko Singkirkan Iran, Said Chiba: Alhamdulillah, Kami Berpartisipasi Gemilang

Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, akan menjadi salah satu venue pertandingan dalam perhelatan Piala Dunia U-17 2023. Foto diambil Rabu, 25 Oktober 2023. TEMPO/SEPTHIA RYANTHIE

Lebih lanjut Soffin mengatakan jaminan pasokan listrik tanpa kedip tanpa padam itu juga didukung pengamanan hingga 5 lapis, salah satunya unit UPS yang dimaksud mampu bertahan sampai 30 menit. Waktu cadangan ini dianggap cukup untuk mempersiapkan pengganti lain, jika terjadi masalah.

Baca Juga  Bantai Argentina, Pelatih Mali Bangga Raih Tempat Ketiga pada Piala Global U-17 2023

“Jadi dua hari yang tersebut lalu, setelah pertandingan Mali dan juga Uzbekistan, juga terjadi hujan deras. Alhamdulilah itu bukan berpengaruh ke supply untuk kawasan Manahan, walaupun di tempat beberapa tempat dalam Solo ada pohon tumbang serta menimpa jaringan, tapi itu berbeda jalurnya dengan yang dimaksud ke arah Manahan. Artinya, seluruh supply pada Manahan itu aman. Dari Jajar maupun Mangkunegaran. Dan itu perpindahannya smooth, tidak ada ada yang mana padam identik sekali,” tuturnya. 

Baca Juga  Hasil China Masters 2023: Dejan/Gloria ke Babak 16 Besar Usai Taklukkan Pasangan Thailand

Soffin menjelaskan, selain mengamankan listrik dalam venue utama Stadion Manahan, PLN juga menyiapkan sumber daya manusia (SDM) pada hotel penginapan pemain untuk membantu jika terjadi kesulitan listrik. Ada sebanyak 332 personel yang tersebut dikerahkan untuk antisipasi dalam mengatasi hambatan listrik selama Piala Dunia U-17 2023.

“Di antaranya bertugas memeriksa panel kelistrikan yang mana ada di area dalam stadion selama pertandingan, supaya benar-benar bukan ada masalah,” katanya. 

Check Also

Jelang MotoGP Qatar, Jorge Martin Atur Strategi Demi Cegah Francesco Bagnaia Pertahankan Gelar Juara

Jelang MotoGP Qatar, Jorge Martin Atur Strategi Demi Cegah Francesco Bagnaia Pertahankan Gelar Juara

Lingkar Post – Pembalap Prima Pramac Jorge Martin mengungkapkan strategi yang mana tepat dapat membuatnya …