Profil Arkhan Kaka, Tulang Punggung Lini Serang Timnas Indonesia U-17 di dalam tempat Piala Dunia U-17 2023

Profil Arkhan Kaka, Tulang Punggung Lini Serang Timnas Indonesia U-17 di tempat Piala Dunia U-17 2023

lingkarpost.com Jakarta – Piala Dunia U-17 2023 telah lama dimulai sejak 10 November 2023 lalu di tempat Jakarta, Bandung, Surakarta, dan juga Surabaya. Sebagai tuan rumah, timnas Indonesia U-17 yang digunakan masuk ke dalam grup A telah dilakukan melakoni dua pertandingan, melawan Ekuador dan juga Panama. 

Dari dua laga yang digunakan digelar di area Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, itu salah satu pemain Timnas Indonesia U-17 berhasil mencuri perhatian masyarakat Tanah Air. Dia adalah Arkhan Kaka yang mana mencetak dua gol, masing-masing satu gol ke gawang Ekuador serta Panama. Hal itu memproduksi Indonesia berbagi poin dengan kedua lawannya kemudian menyelamatkan Garuda Muda dari kekalahan.

Berdasarkan catatan Tempo, Arkhan Kaka menjadi salah satu mesin gol untuk timnas Indonesia U-17. Pemain yang berposisi sebagai penyerang ini bahkan menyumbang banyak gol saat Timnas Garuda melakoni laga kualifikasi Grup B Piala Asia U-17 2023 dalam Stadion Pakansari, Bogor, pada 3 kemudian 5 Oktober 2022.

Saat itu, pemain bernomor punggung 8 ini sukses menyarangkan empat gol alias quat-trick saat Timnas Indonesia U-17 mengalahkan Timnas Guam U-17 dengan skor 14-0. Dia juga menyumbang dua gol ketika menjamu Uni Emirat Arab (UEA) U-17 dengan skor akhir 3-2 untuk kemenangan Indonesia. 

Baca Juga  Jadwal Timnas Indonesia: Hadapai Filipina di tempat Laga Kedua Kualifikasi Piala Global 2026, Pemain Adaptasi dengan Lapangan Sintetis

Lantas, seperti apa profil Arkhan Kaka yang tersebut jadi tulang punggung lini serang Indonesia? simak rangkuman informasi selengkapnya berikut ini.

Profil Arkhan Kaka

Arkhan Kaka adalah individu pemain sepak bola muda Indonesia selama Blitar, Jawa Timur yang tersebut lahir pada 2 September 2007. Pria bernama asli Arkhan Kaka Putra Purwanto ini merupakan anak dari mantan pemain timnas Indonesia, Purwanto Suwondo.

Melansir dari Koran Tempo, Purwanto yang digunakan sekarang berusia 46 tahun adalah eks penyerang timnas lalu klub Semen Padang. Dia pernah membela skuad Garuda dalam SEA Games 2001 Kuala Lumpur juga SEA Games 2003 Hanoi. Memiliki kiprah yang digunakan panjang di dalam lapangan hijau, tak heran jika kemudian darah lalu bakat sepak bola Purwanto berkurang kepada sang anak, Arkhan Kaka.

Telah menyukai bermain sepak bola sejak kecil, Arkhan Kaka mulai berlatih si kulit bundar pada usia 11 tahun. Dia mengasah kemampuannya sebagai penyerang dalam Sekolah Sepak Bola atau SSB Mitra Tunas Muda Blitar dalam Kecamatan Talun, Blitar, Jawa Timur. Kala itu, Purwanto Suwondo sendiri yang mana menjadi pelatih di area akademi sepak bola muda tersebut.

Baca Juga  Timnas Indonesia Tak Bisa Berbuat Banyak di tempat Babak Pertama, Tertinggal Satu Gol dari Filipina

Purwanto Suwondo. Instagram

Melansir dari Transfermarkt, setelah beberapa waktu berlatih di area SSB Mitra Tunas Muda Blitar (SSB Mitra T.M), Arkhan Kaka menjadi pemain pinjaman untuk klub sepak bola PSBK Blitar Youth selama satu setahun pada 2019. Setelah itu, dia kembali ke SBB Mitra T.M di dalam akhir tahun 2019.

Sebagai ayah sekaligus pelatih, Purwanto mengajarkan sang anak teknik bermain bola, khususnya cara untuk mendobrak gawang lawan. Meski begitu, nilai dasar sepak bola yang dimaksud diturunkan Purwanto adalah tentang mentalitas, juga bukan perihal keahlian.

“Basik yang saya terapkan ke Kaka adalah dia harus meningkatkan level etos kerja dalam pertandingan. Itu akan baik untuk dia juga tim. Masalah main bagus atau tidak, itu nomor seratus,” ucap Purwanto ketika ditemui Tempo di area rumahnya di area Blitar, Senin, 13 November 2023.

Baca Juga  Egy Maulana Vikri Tak Gentar Timnas Indonesia Bakal Diteror 65 Ribu Fans Irak: Kami ke Sini untuk Menang!

Kerja keras Kaka akhirnya membuahkan hasil yang tersebut melebihi anak-anak pada usianya. Pada Oktober 2021, dia diboyong ke Akademi Bhayangkara Pro serta bermain untuk klub Bhayangkara Youth. Kurang dari setahun, dia hijrah serta bergabung dengan Persis Solo U-20 pada Februari 2022.

Di tahun berikutnya, tepatnya pada Januari 2023, Kaka resmi dipromosikan untuk bermain di tempat tim senior Persis Solo. Dia bahkan mencatatkan namanya dalam sejarah Liga Indonesia sebagai pemain termuda yang dimaksud melakukan debut dalam kompetisi teratas Indonesia pada usia 15 tahun 7 bulan 2 hari.

Saat itu, Arkhan tampil sebagai pemain pengganti saat timnya kalah 1-3 di dalam kandang Persib Bandung dalam pertandingan BRI Liga 1 2022/2023 pada Selasa, 4 April 2023. Di timnas Indonesia, selain membela Garuda Muda U-17, Arkhan Kaka juga tercatat pernah bermain untuk timnas Indonesia U-16 dan juga timnas U-20.

RADEN PUTRI

Pilihan Editor: Laga Maroko vs Indonesia di dalam Piala Dunia U-17 2023, Bima Sakti Tetap Pasang Target Kemenangan

Check Also

Jadwal Arema FC vs Persebaya: Bajul Ijo Siap Tempur!

GIANYAR – Persebaya Surabaya siap menghadapi Arema FC pada lanjutan Kejuaraan 1. Secara regu keadaan …