Profil Richard Adkerson, Bos Freeport McMoRan Ketemu Jokowi Bahas Penambahan Saham

Profil Richard Adkerson, Bos Freeport McMoRan Ketemu Jokowi Bahas Penambahan Saham

lingkarpost.com Kedatangan Chairman Freeport McMoRan, Richard Adkerson disambut baik oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo di tempat Hotel Waldorf Astoria, Washington DC, Amerika Serikat, pada Senin (13/11/2023). Sosok bos Freeport ini pun menjadi sorotan. Bagaimana profil Richard Adkerson?

Pada pertemuan tersebut, Richard serta Jokowi mengkaji mengenai penambahan saham Freeport di tempat Indonesia serta perpanjangan izin tambang yang dimaksud sudah mendekati tahap akhir. Bagi yang penasaran dengan profil Richard Adkerson, Chairman Freeport McMoran, mari simak ulasannya pada bawah ini.

Profil Richard Adkerson

Dilansir dari laman Freeport McMoRan, Richard Adkerson merupakan Ketua Dewan sekaligus CEO Freeport McMoRan. Namun ia bukanlah bos pertama Freeport.

Baca Juga  Market Kendaraan Komersial Cenderung Flat, Hal ini Kiat PT IAMI Terus Bertumbuh

Richard Adkerson menjabat sebagai Chief Executive Officer (CEO) sejak 2003, sebagai Dewan Direksi FCX sejak 2006, dan juga sebagai Ketua Dewan sejak Februari 2021.

Beliau adalah lulusan perguruan tinggi di area Mississippi State University dengan gelar BS pada bidang Akuntansi. Richard lulus dengan penghargaan tertinggi dan juga gelar MBA. 

Pada 2010, ia berhasil meraih gelar Doktor Kehormatan Sains dari Negara Bagian Mississippi. Selain itu, ia juga menyelesaikan Program Manajemen Lanjutan di dalam Harvard Business School pada 1988. 

Richard Adkerson mulai bergabung dengan Freeport McMoRan yaitu pada tahun 1989. Sebelumnya ia adalah pribadi Partner juga Managing Director di tempat Arthur Andersen & Co. 

Baca Juga  Dapat Kepastian Perpanjangan Kontrak, Ini Kata Freeport

Beliau juga sempat menjabat sebagai Rekan Akuntansi Profesional pada Securities and Exchange Commission di tempat Washington, DC selama dua tahun, yakni pada 1976 hingga 1978.

Sejak tahun 2005, Richard menjadi salah satu anggota dari Dewan Internasional Pertambangan kemudian Logam. Kemudian ia dipercaya untuk menjabat sebagai Ketua dari tahun 2008 – 2011 kemudian 2020 – 2022. 

Perjalanan karir Richard Adkerson memang sangatlah panjang. Beberapa jabatan tinggi sudah pernah diduduki, salah satunya sebagai Ketua Dewan Penasihat Kissinger Institute untuk Tiongkok kemudian Amerika Serikat. 

Selain itu, Richard adalah salah satu anggota lalu mantan Presiden Dewan Direksi Yayasan Universitas Negeri Mississippi yang dipercaya pada jabatan Dewan Penasihat Eksekutif untuk Sekolah Tinggi Bisnis, serta bertugas untuk memimpin kampanye modal Negara Bagian Masa Depan di area Negara Bagian Mississippi.

Baca Juga  TikTok Gandeng GOTO Buka E-Commerce, BEI Belum Dikasih Tahu

Kemudian pada tahun 2011, Richard dinobatkan sebagai Executive of the Year oleh Dewan Dekan WP Carey School of Business di tempat Arizona State University. Ia juga dinobatkan sebagai The Best CEO in Metals and Mining oleh majalah Institutional Investor selama 10 tahun terakhir.

Demikian profil Richard Adkerson, bos Freeport McMoRan yang tersebut baru cuma bertemu dengan Presiden Jokowi mendiskusikan penambahan saham.

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Check Also

eksekutif Bakal Buka Kembali Ekspor Benih Lobster

eksekutif Bakal Buka Kembali Ekspor Benih Lobster

Lingkar Post – JAKARTA – Menteri Kelautan serta Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono akan kembali membuka …