Sering Tanpa Sadar Menggoyangkan Kaki Ketika Duduk, Ketahui Ciri Gangguan Kecemasan

Sering Tanpa Sadar Menggoyangkan Kaki Ketika Duduk, Ketahui Ciri Gangguan Kecemasan

Lingkar Post Jakarta Menggoyangkan kaki ketika duduk adalah kebiasaan umum yang dilaksanakan sejumlah orang. Entah itu terjadi secara halus atau kuat, pergerakan berulang ini kerap kali terjadi tanpa disadari. Tanda-tanda gangguan kecemasan ataukah kelainan neurologis lain?

Beberapa orang bahkan melakukannya dengan menggoyangkan lutut atau menepuk-nepuk kaki. 

Menurut Times of India, ini biasanya juga melibatkan aksi berirama pada satu atau kedua kaki ketika duduk. Meskipun mungkin saja tampak seperti kebiasaan yang tersebut tak berbahaya, kebiasaan ini dapat mengungkap hal-hal menarik tentang psikologi atau kesehatan, tergantung pada individu. 

Implikasi kesehatan

Dalam beberapa kasus, kebiasaan ini bisa jadi dikaitkan dengan kondisi kondisi tubuh yang dimaksud mendasarinya. Gerakan kaki yang dimaksud terus-menerus dapat merupakan gejala dari Restless Leg Syndrome (RLS), suatu kelainan neurologis yang digunakan ditandai dengan dorongan yang tiada tertahankan untuk menggerakkan kaki.

Baca Juga  Upaya Menekan Kasus Pneumonia pada Anak Menurut IDAI

Kaki gemetar berlebihan terkadang dapat menjadi tanda meningkatnya kecemasan atau gangguan terkait stres yang mana memerlukan perhatian serta penanganan. Orang dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) kemungkinan besar menunjukkan perilaku gelisah, termasuk kaki gemetar dikarenakan kesulitan merekan di mempertahankan perhatian dan juga masih diam. 

Aspek psikologi

Orang yang terbiasa menggoyangkan kakinya rutin kali menunjukkan tingkat energi atau kegelisahan yang digunakan lebih lanjut tinggi. Ini mampu menjadi cara untuk menyalurkan kelebihan energi atau kegugupan, yang berfungsi sebagai jalan pergi dari bawah sadar untuk disposisi berpartisipasi mereka.

Baca Juga  Saat Wanita Amerika Serikat Pro-Palestina Tewas Dilindas Buldoser negara Israel

Dalam situasi tertentu, kaki gemetar kemungkinan besar menandakan kebosanan. Ketika pikiran mengembara, tubuh kemungkinan besar mencari cara untuk mengalihkan perhatiannya sehingga menyebabkan aksi berulang-ulang ini. Bagi sebagian orang, menggoyangkan kaki berfungsi sebagai mekanisme mengatasi stres atau kecemasan. Gerakan berulang dapat memberikan rasa lega atau sebagai pengalih pada saat-saat tegang atau cemas. Jika penyebabnya adalah stres, mengatasi penyebabnya lalu menemukan cara menenangkan yang tersebut lebih tinggi hati-hati, seperti yoga atau latihan pernapasan, mungkin saja dapat membantu. 

Ciri-ciri kepribadian

Kebiasaan menggoyangkan kaki terkadang bisa jadi menandakan ketidaksabaran. Orang yang tersebut mempunyai keinginan kuat untuk bertindak atau mendapatkan hasil yang mana cepat kemungkinan besar menunjukkan perilaku ini sebagai manifestasi dari ketidaksabarannya di situasi tertentu.

Baca Juga  10 Cool Startups that Will Change Your Perspective on Clothes & Fashion

Mereka yang digunakan secara alami melakukan sejumlah aktivitas atau miliki ambang batas yang mana tinggi untuk menangani beberapa aktivitas sekaligus mungkin saja akan menunjukkan kaki gemetar ketika merek melakukan tugas lain secara bersamaan. Gerakan pada kaki juga dapat dikaitkan dengan kepribadian yang ekspresif serta energik. Ini dapat menandakan sifat dinamis lalu hidup, mencerminkan karakter yang tersebut bersemangat.

Pilihan editor: Memahami Fobia Naik Pesawat juga Lift, Takut Ketinggian lalu Fobia Tempat Tertutup

Check Also

4 Tips Supaya Bunga Desember Tumbuh Subur

4 Tips Supaya Bunga Desember Tumbuh Subur

Lingkar Post – Jakarta – Sejumlah jenis bunga tiada mekar sembarang waktu. Yang menimbulkan bunga …