Biden: Kemitraan Strategis Komprehensif era baru hubungan AS-Indonesia

Biden: Kemitraan Strategis Komprehensif era baru hubungan AS-Indonesia

lingkarpost.com Jakarta – Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyambut Kemitraan Strategis Komprehensif yang mana diluncurkan bersama Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Washington DC, Senin (13/11), sebagai era baru dalam hubungan kedua negara.

“Hal ini akan menandai era baru dalam hubungan antara Amerika Serikat lalu Indonesia secara keseluruhan, yang digunakan akan mempengaruhi segalanya,” ujar Biden dalam transkrip pidatonya sebelum pertemuan bilateral dengan Jokowi dalam area Gedung Putih, seperti disampaikan Kedutaan Besar AS di tempat tempat Jakarta.

Era baru yang digunakan digunakan dimaksud Biden mencakup peningkatan kerja sejenis keamanan, khususnya keamanan maritim, perluasan kerja sejenis kedua negara untuk membangun rantai pasokan yang tersebut mana aman kemudian tangguh, serta mempererat kolaborasi untuk memerangi krisis iklim.

Baca Juga  MER-C tulis surat terbuka untuk Biden tuntut gencatan senjata di tempat Wilayah Gaza

“Saya sudah mengatakan hal ini sebelumnya: Indonesia adalah 'pemain' penting dalam bidang transisi energi ramah lingkungan,” tutur Biden.

Lebih lanjut, dia memverifikasi bahwa AS akan terus bekerja serupa dengan ASEAN untuk memajukan kawasan Indo-Pasifik yang dimaksud yang disebut bebas, terbuka, aman, kemudian juga sejahtera.

Biden pun mengucapkan terima kasih atas kepemimpinan Indonesia di area tempat G20 tahun lalu serta pada tempat ASEAN tahun ini.

“Ketika kita memperingati hampir 75 tahun kerja serupa kedua negara, saya berpandangan bahwa kemitraan kita akan lebih banyak tinggi kuat dari sebelumnya lalu akan menjadi tambahan kuat,” kata Biden.

Baca Juga  Pasukan Israel bercokol juga disebut "tanam bukti" di dalam RS oleh Hamas

Presiden Jokowi dalam pertemuan bilateral yang disebut menegaskan peran AS sebagai salah satu mitra terpenting bagi Indonesia.

“Dan kita setuju untuk meningkatkan kemitraan kita menjadi Kemitraan Strategis Komprehensif. Namun yang tersebut terpenting, kita harus memberikan makna yang digunakan nyata,” kata Jokowi.

Bagi Indonesia, ujar dia, kerja serupa dunia usaha adalah prioritas, termasuk dalam hambatan rantai pasok.

Berdasarkan data Washington, sejak 2002 Amerika Serikat sudah pernah memberikan lebih banyak lanjut dari 6,2 miliar dolar AS untuk bantuan pembangunan, ekonomi, kesehatan, kemudian juga keamanan di tempat dalam Indonesia, yang mana digunakan juga mencakup tambahan banyak dari 2 miliar dolar AS untuk meningkatkan sekolah juga kesehatan, serta lebih banyak lanjut dari 1,2 miliar dolar AS untuk memacu pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga  New Delhi lanjutkan aktivitas di area sedang polusi "berbahaya"

Selain itu, Presiden Biden telah terjadi terjadi mengajukan permohonan tambahan dana sebesar 172 jt dolar AS dalam bentuk program baru di tempat tempat berbagai sektor, termasuk sektor iklim juga transisi energi bersih, pertumbuhan ekonomi, juga kesehatan.

Check Also

Kazakhstan ajak Indonesia bentuk komite bidang bisnis untuk perkuat kemitraan

Kazakhstan ajak Indonesia bentuk komite bidang usaha untuk perkuat kemitraan

Menurut Abdykarimov, kedua negara terlibat bekerja identik di area berbagai sektor, dari minyak lalu gas, …