Formula E 2024: Ibukota Indonesia Dicoret, Shanghai Resmi Masuk Kalender Balap

Formula E 2024: Ibukota Indonesia Dicoret, Shanghai Resmi Masuk Kalender Balap

Lingkar Post – Formula E akan menyelenggarakan balapan di tempat kota Shanghai, China, untuk pertama kalinya pada Mei 2024. Sirkuit Internasional Shanghai akan menjadi tuan rumah double-header pada tanggal 25 serta 26 Mei 2024.

Keputusan ini menggantikan DKI Jakarta yang digunakan sebelumnya direncanakan tetapi dicoret dari kalender lantaran bersamaan dengan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 pada Indonesia.

“Merupakan suatu kehormatan tersendiri bagi Formula E untuk menyelenggarakan balapan pertama di dalam Shanghai pada Mei mendatang,” kata direktur utama Formula E Jeff Dodds pada keterangan resmi yang digunakan diterima pada Hari Jumat (24/11/2023).

Balapan pertama Formula E pada China diadakan di tempat Beijing pada bulan September 2014.

Baca Juga  China Masters 2023: Gregoria Sebut Cidera Bukan Alasan Kekalahannya dalam Babak 16 Besar

Sejak itu, China sudah menyelenggarakan tujuh balapan mobil ramah lingkungan tersebut, termasuk pada Sanya juga Hong Kong, dengan yang digunakan terakhir pada bulan Maret 2019.

“Kami akan menandai satu puluh tahun sebagai olahraga motor yang terus mendobrak batasan, termasuk menyelenggarakannya pada Shanghai, mengingat China merupakan pemimpin global di pengembangan dan juga adopsi kendaraan listrik,” ujar Dodds.

Formula E Jakarta
Formula E Jakarta

Alex Hui, Ketua Tim ERT, menyambut baik kesempatan untuk berkompetisi di tempat rumah sendiri.

Tim ERT merupakan regu China yang telah dilakukan menjadi bagian dari Formula E sejak awal, lalu merekan sangat antusias untuk berlomba di tempat sirkuit Shanghai yang mana menantang.

Baca Juga  Anthony Sinisuka Ginting Ungkap Penyebab Kekalahannya di dalam Babak Pertama Kumamoto Masters Japan 2023

“Sebagai kelompok China yang dimaksud telah lama menjadi bagian dari Kejuaraan Bumi Formula E sejak awal, kami sangat bersemangat untuk berkompetisi pada balapan kandang kami,” kata Hui.

“Semua orang di dalam kelompok telah bekerja keras untuk musim baru juga saya tahu peserta balap kami Dan Ticktum kemudian Sérgio Sette Câmara berjanji untuk melakukan yang tersebut terbaik untuk fans lokal.”

“Mereka sudah ada berada di tempat simulator untuk berlatih di area sirkuit Shanghai yang dimaksud menantang,” imbuhnya.

Musim kesepuluh Formula E akan dimulai pada Mexico City pada 13 Januari 2024. Sebelum memasuki musim kejuaraan, para peserta balap akan menjalani uji coba di area sirkuit Valencia, Spanyol, pada 23-27 Oktober 2023.

Baca Juga  Profil Veda Ega Pratama, Pebalap Indonesia Pertama Juara Asia Talent Cup 2023, Siap Gas MotoGP!

Selain itu, Ibukota tidaklah masuk di kalender Kejuaraan Bumi Formula E ABB FIA musim mendatang lantaran bersamaan waktunya dengan masa Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Pencoretan Ibukota Indonesia dari kalender Formula E disebabkan oleh tabrakan jadwal dengan Pemilihan Umum 2024.

Balapan yang awalnya direncanakan pada 8 Juni 2024 dalam Sirkuit Internasional E-Prix Ancol harus dihapus dari kalender akibat pertentangan jadwal dengan kegiatan pemilihan umum, demikian Antara.

Check Also

Jelang MotoGP Qatar, Jorge Martin Atur Strategi Demi Cegah Francesco Bagnaia Pertahankan Gelar Juara

Jelang MotoGP Qatar, Jorge Martin Atur Strategi Demi Cegah Francesco Bagnaia Pertahankan Gelar Juara

Lingkar Post – Pembalap Prima Pramac Jorge Martin mengungkapkan strategi yang mana tepat dapat membuatnya …