Licinnya Firli Bahuri, Berkali-kali Mangkir dari Pemeriksaan Kasus SYL

Licinnya Firli Bahuri, Berkali-kali Mangkir dari Pemeriksaan Kasus SYL

lingkarpost.com Lagi-lagi, Firli Bahuri tiada memenuhi panggilan penyidikan yang diajukan oleh Polda Metro Jaya terkait kasus pemeriksaan terhadap Syahrul Yasin Limpo pada hari Selasa (14/11/23) ini.

Diketahui, ini bukan kali pertama Firli Bahuri mangkir dari pemeriksaan kasus terkait SYL. Sebelumnya, Ia pernah beralasan sedang pergi ke Aceh lalu memimpin OTT di tempat Sorong saat harus memenuhi undangan penyidikan.

Alasan firli mangkir dari panggilan penyidikan Polda Metro Jaya

Setidaknya Firli sudah terhitung sebanyak tiga kali mangkir dari panggilan penyidikan Polda Metro Jaya, alasannya pun cukup beragam.

1. Pergi ke Aceh

Firli Bahuri, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pergi ke Aceh untuk menghadiri acara KPK yang dimaksud direncanakan berlangsung dari tanggal 9 hingga 12 November 2023.

Baca Juga  Kriminal kemarin, pemeriksaan Firli hingga Polda Metro harus galak

Namun, Firli diketahui telah terjadi bertolak ke Aceh dua hari sebelum acara itu dimulai, yaitu pada tanggal 7 November 2023.

Menurut Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri, Firli Bahuri melakukan perjalanan ke Aceh serta mengecek persiapan acara.

Namun, tidaklah sedikit pula bahwa keputusan Firli adalah upaya untuk mangkir dari panggilan dengar pendapat bersama Kejaksaan Tinggi pada tanggal 8 November 2023.

2. Pimpin OTT Sorong

Pada tanggal 14 November 2023, Firli Bahuri terlihat memimpin konferensi pers terkait Operasi Tangkap Tangan (OTT) Penjabat Bupati Sorong, Yan Piet Mosso.

Baca Juga  Selain Firli Bahuri, ada tiga saksi lain diperiksa terkait pemerasan

Namun, siapa sangka jika pada hari yang tersebut sama, seharnyanya Firli menghadiri pemeriksaan pada Polda Metro Jaya. Namun ternyata, Firli memilih untuk bertandang ke OTT Sorong.

3. Pemeriksaan dalam Dewan Pengawas KPK

Pada hari Selasa (14/11/23), Firli seharusnya menghadiri pemeriksaan untuk pemberian keterangan tambahan sebagai saksi kasus SYL di dalam Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya.

Namun ternyata, Firli lagi-lagi tak menghadiri undangan yang mana sudah dikirim sejak hari Jumat, 10 November 2023 yang disebut dikarenakan harus menghadiri pemeriksaan pada Dewan Pengawas KPK.

Baca Juga  Ketua KPK tak hadir untuk penuhi panggilan Polda Metro Jaya

Bantah mangkir dari pemeriksaan

Meski sudah tiga kali bukan hadir dalam sidang pemeriksaan, Firli membantah bahwa dia sudah mangkir. Ia mengaku bahwa sudah memberitahu pihak Polda Metro Jaya alasannya tidaklah bisa jadi datang lalu memohonkan penjadwalan ulang.

“Terkait dengan beberapa pernyataan kalau dibilang mangkir, saya tidaklah mangkir sih,” ujar Firli pada gedung KPK.

“Karena tiada hadir kita beri surat. Kita beri surat ke Biro Hukum, Korsup datang ke Polda Metro. Jadi tidaklah pernah mangkir,” tambah Firli menanggapi tuduhan mangkirnya.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Check Also

Deretan Manfaat Jalan Nyeker seperti Chris Martin Coldplay

Deretan Manfaat Jalan Nyeker seperti Chris Martin Coldplay

lingkarpost.com Jakarta – Vokalis Coldplay, Chris Martin, menghebohkan warganet Indonesia setelah membagikan momen berjalan tanpa …