Rincian Biaya Haji Tahun 2024, Sudah Resmi Rp105 Juta?

Rincian Biaya Haji Tahun 2024, Sudah Resmi Rp105 Juta?

lingkarpost.com Melalui Rapat Kerja Bersama Komisi VIII pada hari Senin (13/11/23) lalu, Yaqut Cholil Qoumas selaku Menteri Agama mengusulkan biaya haji tahun 2024 naik menjadi Rp105,09 jt per jama’ah.

Usulan hal itu tentu mengundang komentar banyak pihak mengingat kenaikan yang diberikan mampu mencapai Rp10 juta. Perlu Anda tahu, biaya haji Indonesia di tempat tahun 2023 ini sudah mencapai Rp90, 05 jt per jemaah.

Rincian biaya haji 2024

Biaya haji 2024 yang diusulkan oleh Yaqut Cholil disusun dengan asumsi kurs USD1 sebesar Rp16.000 serta SAR (mata uang Arab Saudi) sebesar Rp4.266.

Baca Juga  Gagas Pengobatan Osteoartritis, Tim Mahasiswa Unair Raih Penghargaan Ajang Inovasi Internasional

Anggaran ini kemudian dibagi menjadi dua komponen yang mana dibebankan langsung kepada jemaah haji (BPIH/Biaya Perjalanan Ibadah Haji) kemudian komponen yang dibebankan kepada dana nilai manfaat atau optimalisasi.

Berikut ini adalah alokasi atau rincian dari biaya haji 2024 yang diusulkan sebesar Rp105,09 juta. Nilai ini naik lebih banyak dari Rp10 jt jika dibandingkan biaya haji di area tahun 2023 ini.

– Biaya penerbangan

– Konsumsi

– Akomodasi

– Transportasi

– Layanan di tempat Armuzna (Arafah-Muzdalifah-Mina)

– Pelayanan di area embarkasi, debarkasi dan juga imigrasi

Baca Juga  eksekutif Naikkan Kuota Haji Menjadi 241 Ribu Orang

– Premi asuransi

– Dokumen perjalanan

– Perlindungan

– Living cost

– Pembinaan jemaah haji

Alasan kenaikan biaya haji pada tahun 2024

Alasan utama kenaikan biaya haji adalah fluktuasi kurs mata uang. Menurut Kemenag, usulan BPIH 2024 yang tersebut disampaikan Pemerintah ke DPR lebih banyak tinggi jika dibandingkan biaya haji 2023 lantaran beberapa faktor yang dimaksud menjadi penyebab, antara lain kenaikan kurs, baik dolar AS maupun Riyal, kemudian penambahan layanan.

Dengan adanya kenaikan ini, diharapkan dapat mempertahankan kualitas layanan bagi jemaah haji, serta memverifikasi keberlangsungan penyelenggaraan ibadah haji pada tahun-tahun mendatang.

Baca Juga  Biaya Haji Tahun Depan Ditetapkan Rp93,4 Juta, Jemaah Haji Bayar Mata Uang Rupiah 56 Juta

“Pemerintah telah terjadi mempertimbangkan prinsip efektivitas juga efisiensi dalam menentukan komponen BPIH sehingga penyelenggaraan ibadah haji bisa jadi terlaksana dengan baik,” ungkap Yaqut Cholil Qoumas di tempat Gedung Parlemen, Jakarta Pusat.

Demikian informasi mengenai rincian biaya haji di area tahun 2024 dengan wacana akan dinaikkannya biaya haji hingga mencapai Rp105,09 juta. Tentu cuma dengan biaya itu Anda tetap perlu menunggu antrian ibadah haji keberangkatan Indonesia.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Check Also

Deretan Manfaat Jalan Nyeker seperti Chris Martin Coldplay

Deretan Manfaat Jalan Nyeker seperti Chris Martin Coldplay

lingkarpost.com Jakarta – Vokalis Coldplay, Chris Martin, menghebohkan warganet Indonesia setelah membagikan momen berjalan tanpa …