Enea Bastianini Juara MotoGP Malaysia 2023, Francesco Bagnaia Masih Puncaki Klasemen

Enea Bastianini Juara MotoGP Malaysia 2023, Francesco Bagnaia Masih Puncaki Klasemen

lingkarpost.com Kejutan datang dari Sirkuit Internasional Sepang, dimana bukan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) maupun Jorge Martin (Prima Pramac), melainkan Enea Bastianini (Ducati Lenovo) keluar sebagai juara MotoGP Malaysia, Minggu (12/11/2023).

Ini merupakan kemenangan pertama Bastianini untuk MotoGP musim ini, setelah harus bergelut dengan cedera kemudian melewati beberapa jumlah putaran penting.

Mengenai jalannya balapan, Bagnaia yang dimaksud merupakan polesitter MotoGP Malaysia, segera berakselerasi, sebelum akhirnya Martin sempat menyalipnya sesaat hingga Bastianini merebut posisi terdepan dari kedua pemimpin klasemen.

Bastianini pun terus tampil dominan dari awal lap pembuka hingga penghujung balapan, lalu tak pernah disalip oleh para pembalap kuat lain di tempat belakangnya.

Baca Juga  Adira ajak 1.100 sales person mitra industri nonton MotoGP Sepang

Pembalap yang dimaksud dijuluki “The Beast” hal itu pun memverifikasi comeback solid lalu berada sangat jauh pada depan juara Sprint MotoGP Malaysia Alex Marquez maupun Bagnaia — juara MotoGP Malaysia tahun lalu.

“Saya merasa ini adalah hal terbaik. Saya sangat lelah, tapi mental kemudian hati saya merasa 100 persen, terutama setelah musim yang digunakan begitu berat. Teman-teman serta tim selalu menggalang kemudian saya sangat berterima kasih oleh sebab itu merekan menimbulkan saya tidak ada menyerah,” kata Bastianini dalam wawancara singkat setelah balapan.

Finis dalam posisi kedua adalah Alex Marquez (Gresini Racing) dengan margin 1,535 detik. “Saya sendiri tidak ada menyangka bisa jadi melakukan apa yang saya lakukan hari ini, terutama dari segi fisik (yang masih baru pulih dari cedera),” ungkap Alex Marquez.

Baca Juga  CryptoDATA RNF Dicoret dari Tim MotoGP 2024, Kenapa?

Sementara, Bagnaia mengamankan podium terakhir di area Malaysia setelah terpaut jarak 3,562 detik dari rekan satu timnya, lalu masih memuncaki klasemen sementara musim ini dengan total 412 poin.

“Saya mendapati permasalahan dengan rem, berusaha untuk mengejar Alex (Marquez) tapi akibat ada hambatan itu membuatnya menjadi semakin sulit. Tapi, bagaimana pun, saya merasa senang dengan balapan hari ini,” ujar Bagnaia.

Baca Juga  Dua Kali Peraih MVP IBL Jamarr Johnson Merapat ke Borneo Hornbills

Di sisi lain, pesaing terbesar untuk perebutan gelar juara dunia musim ini, Martin, finis dalam P4 dengan jarak waktu 10,526 detik dari Bastianini. Ia masih berada di dalam posisi kedua klasemen sementara serta terpaut 14 poin dari Bagnaia.

Sementara melengkapi lima besar, ada Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) yang digunakan dengan apik merebut posisi yang dari Marco Bezzecchi (Mooney VR46) di dalam lap terakhir balapan.

Putaran selanjutnya untuk MotoGP musim ini akan berlanjut ke Qatar pekan depan, sebelum akhirnya rangkaian ditutup di area Valencia. (ANTARA)

 

Check Also

Jelang MotoGP Qatar, Jorge Martin Atur Strategi Demi Cegah Francesco Bagnaia Pertahankan Gelar Juara

Jelang MotoGP Qatar, Jorge Martin Atur Strategi Demi Cegah Francesco Bagnaia Pertahankan Gelar Juara

Lingkar Post – Pembalap Prima Pramac Jorge Martin mengungkapkan strategi yang mana tepat dapat membuatnya …