Wamen Nezar: Kemenkominfo dukung diseminasi informasi transisi energi

Wamen Nezar: Kemenkominfo dukung diseminasi informasi transisi energi

lingkarpost.com Jakarta – Wakil Menteri Komunikasi juga juga Informatika Nezar Patria menyatakan Kementerian Komunikasi kemudian Informatika berkomitmen untuk terus membantu diseminasi informasi terkait transisi energi.

Dia mengatakan Indonesia mempunyai cadangan sumber energi baru terbarukan (EBT) nomor dua terbesar dalam area dunia dengan bauran berbagai kesempatan energi.

"Sebagai Government Public Relations (GPR), Kominfo tentu berkomitmen untuk terus membantu diseminasi informasi terkait transisi energi," ucap Nezar dalam Peringatan Hari Listrik Nasional (HLN) ke-78 Tahun 2023 pada tempat ICE BSD City Tangerang, Selasa.

Pemerintah memberikan perhatian penuh terhadap perubahan iklim juga penanganan dampak emisi yang tersebut mana makin meningkat.

Baca Juga  eksekutif Terbitkan Dokumen Transisi Energi, Tapi Dikritik Karena Setengah Hati

Presiden Joko Widodo mengarahkan pemanfaatan berbagai prospek energi baru terbarukan dalam Indonesia yang dimaksud hal itu sangat melimpah seperti energi surya, angin, air, arus laut, panas bumi, hingga bio energi yang tersebut itu mencapai 3.600 gigawatt.

Wamenkominfo mengatakan saat ini Indonesia sudah pernah terjadi berkomitmen untuk mencapai Net Zero Emission (NZE), dengan menekan emisi karbon dalam area sektor ketenagalistrikan menjadi nol pada tahun 2060.

"Visi besar hal itu penting untuk disebarluaskan demi meningkatkan partisipasi penduduk dalam membantu jadwal strategis nasional ini," kata dia.

Baca Juga  Lyodra Ginting Jadi Korban Tiket Palsu Konser Coldplay

Menurut Wamen Nezar, saat ini Pemerintah miliki target EBT 23 persen pada tahun 2025 yang mana membutuhkan kerja kolaboratif, baik dari kementerian lembaga terkait, perusahaan listrik kemudian energi, hingga masyarakat.

Dia mengatakan transisi energi adalah mimpi besar Indonesia. Semua pihak patut berbangga oleh sebab itu Indonesia saat ini sudah pernah mempunyai Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung Cirata sebagai perwujudan langkah konkret untuk mimpi besar tersebut.

Nezar menegaskan pihaknya terus menyokong transisi energi agar Indonesia tiada belaka menjadi konsumen teknologi kemudian SDM dari luar negeri.

Baca Juga  Gandeng BMRI, INDY Cari Pendapatan Selain Batu Bara

"Program transisi energi akan terus kami dukung, tentu dengan meningkatkan kapasitas nasionalnya juga. Kami juga menggalang penuh transisi energi untuk mempercepat metamorfosis digital Indonesia yang dimaksud digunakan berkelanjutan," ujar dia.

Dalam acara itu, hadir Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi lalu Sumber Daya Mineral Jisman Parada Hutajulu, Ketua Dewan Pengawas Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia kemudian Presiden Direktur PT PLN Darmawan Prasodjo, serta Ketua Umum Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia Evy Haryadi.

Check Also

Bertemu Menhan AS, Prabowo Pimpin ASEAN Jajaki Kerja Sama Ini

Bertemu Menhan AS, Prabowo Pimpin ASEAN Jajaki Kerja Sama Ini

lingkarpost.com Jakarta – Indonesia bersama negara-negara Asia Tenggara menjajaki peningkatan kerja sebanding dengan Amerika Serikat …