HIPMI Jaya membuka kesempatan kalangan muda tekuni pertanian

HIPMI Jaya membuka kesempatan kalangan muda tekuni pertanian

Lingkar Post – DKI Jakarta – Badan Pimpinan Daerah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Ibukota Indonesia Raya membuka kesempatan bagi kalangan muda atau milenial di DKI Ibukota Indonesia untuk menekuni sektor 
pertanian.

"Kegiatan ini untuk membuka pola pikir anggota kami bahwa budidaya pertanian juga menguntungkan, tidaklah kalah dengan sektor lainnya kalau ditekuni," kata Ketua Umum Badan Pimpinan Daerah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Ibukota Raya (BPD HIPMI) Jaya, Sona Maesana di Jakarta, Jumat.

Sona berharap kegiatan ini dapat memunculkan bibit-bibit petani muda yang tersebut yang dimaksud dapat menjadi katalis regenerasi petani pada Indonesia.

Terkait hal itu, BPD HIPMI Jaya bersama BPC HIPMI Kepulauan Seribu menyelenggarakan forum diskusi "HIPMI Jaya Youth Farmerpreneur" sekaligus temu perusahaan (business matching) potensi sektor pertanian juga pentingnya pengembangan pada entrepreneur muda.

Baca Juga  Timnas Indonesia tiba di tempat Irak untuk kualifikasi Piala Dunia 2026

Acara ini dihadiri 252 partisipan yang digunakan tak belaka terdiri dari anggota HIPMI, namun juga komunitas petani muda dan juga warga umum.

Ketua Panitia Youth Farmerpreneur 2023, Dinda Utami menjelaskan acara bertema "Transformasi Ketahanan Pangan: Petani Muda & Inovasi" ini bertujuan untuk mengatasi keprihatinan terkait menurunnya minat generasi milenial lalu Gen Z pada regenerasi sektor ketahanan pangan Indonesia.

“Kami juga dengan sengaja menyelenggarakan acara ini seiring Pemprov DKI Ibukota semakin giat menyetorkan pohon," katanya.

Pihaknya berharap agar "Youth Farmerpreneur" dapat menjadi akselerator bagi peningkatan pangan Indonesia dengan penambahan acara juga forum yang tersebut mana lebih tinggi besar banyak lagi.

Ia juga menambahkan bahwa pihaknya berencana memperluas skala kegiatan ini di dalam penyelenggaraan berikutnya dengan mengadakan kompetisi dan juga juga forum usaha lebih banyak berbagai banyak, baik daring maupun luring, di tahun depan.

Baca Juga  Sepakat Lindungi Pekerja, BPJS Ketenagakerjaan dan juga 11 Asosiasi ALB Kadin Jalin Kerja Sama

Ketua Umum BPC HIPMI Kepulauan Seribu, Rangga Derana Niode menambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk memupuk semangat kolaborasi kemudian juga meningkatkan pengetahuan di kalangan anggota, khususnya yang dimaksud digunakan bergerak pada bidang pertanian atau yang tersebut mana mempunyai minat untuk membuka perniagaan di dalam area bidang ini.

HIPMI sebagai wadah pelaku industri muda, menggerakkan anggotanya untuk berupaya mengambil sikap penting pada setiap kebijakan pangan, teristimewa ketika menghadapi impor material pangan esensial seperti beras, bawang putih juga daging sapi.

"Hal ini tidaklah dapat dihindari mengingat keperluan stok pangan nasional, teristimewa pada waktu merayakan hari-hari besar dalam tempat Indonesia," kata 
Rangga.

Wakil Ketua Umum Kadin DKI DKI Ibukota Indonesia Area Keanggotaan juga Hubungan Antar Lembaga, Laja Lapian mengatakan, HIPMI Jaya harus mengambil kedudukan yang dimaksud tepat pada setiap kebijakan tentang pangan baik pada hilir maupun pada hulu sebagai keseimbangan antara peran pemerintah dengan swasta.

Baca Juga  DKI kemarin, genangan di tempat DKI hingga persiapan pemilihan raya 2024

Hal yang tersebut sejenis juga diungkapkan oleh M. Hadi Nainggolan selaku Ketua Bidang VII Badan Pengurus Pusat HIPMI.

HIPMI terus fokus menjadi mitra strategis pemerintah pada acara ketahanan pangan. HIPMI siap terus memulai perkembangan kolaborasi dengan berbagai pihak pada menguatkan biosfer pertanian di dalam tempat Indonesia.

"Kegiatan hulu lalu hilir pertanian harus kita integrasikan guna menyokong percepatan ketahanan pangan Indonesia,” kata Hadi.

Berdasarkan data BPS, sektor pertanian, kehutanan kemudian perikanan memberikan kontribusi sebesar 0,08 persen terhadap perekonomian DKI Ibukota pada tahun 2021.

Check Also

Maju pada di pemilihan 2024, Airlangga Dinilai Sangat Layak Kembali Menakhodai Golkar

Maju di dalam pemilihan 2024, Airlangga Dinilai Sangat Layak Kembali Menakhodai Golkar

Lingkar Post – JAKARTA – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dinilai sangat layak kembali …