Kemenhub Bocorkan Rencana KRL Disambung Sampai Karawang

Kemenhub Bocorkan Rencana KRL Disambung Sampai Karawang

lingkarpost.com –

Jakarta – Pemerintah lewat Kementerian Perhubungan berencana untuk memperpanjang Kereta Rel Listrik (KRL) sampai Karawang. Saat ini, KRL cuma beroperasi mentok sampai Stasiun Cikarang.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengungkapkan studi perpanjangan KRL sampai Karawang tengah dilakukan. Lalu berapa biaya yang dimaksud dibutuhkan untuk mewujudkan proyek KRL sampai Karawang?

“Hal-hal terkait teknis serta juga anggaran akan diketahui jika sudah ada hasil studi,” kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati kepada CNBC Indonesia, Jumat (17/11/2023).

Saat ini Kemenhub tengah melakukan kajian dalam mempertimbangkan proyek KRL sampai Karawang ini sanggup terwujud, termasuk kesiapan dalam infrastruktur seperti rel. Namun Ia belum dapat merinci apa belaka faktor yang mana mana disiapkannya.

“Tentu harus ada studi lagi dengan situasi saat ini,” terangnya.

Stasiun BNI City (CNBC Indonesia/Tri Susilo)Foto: Stasiun BNI City (CNBC Indonesia/Tri Susilo)
Stasiun BNI City (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Saat ini KRL terjauh untuk area timur ada pada stasiun Cikarang, Bekasi. Rencana untuk melebarkan KRL hingga Karawang sudah mencuat sejak beberapa tahun silam, namun terhalang oleh situasi pandemi Covid-19.

Baca Juga  Cara Lapor KDRT Gampang! Berkaca dari Kasus Dokter Qory, Tak Perlu Kabur

“Terkait hal ini masih dalam pembahasan dalam area internal kami. Tahun 2019 memang ada rencana, namun ketika pandemi Covid 19 datang, ada refocusing anggaran lalu prioritas program. Sehingga saat ini masih belum bisa jadi jadi dieksekusi,” ujar Adita.

Pada 2019 Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mendapat usulan perpanjangan rute langsung dari Direktur Utama Kereta Commuter Indonesia (KCI) saat itu Wiwik Widayanti.

Wiwik menyampaikan usulan itu ketika melakukan perjalanan ke Bekasi dengan Budi Karya menggunakan KRL, dari Stasiun Juanda ke lokasi peresmian Stasiun Metland Telaga Murni, Bekasi.

“Warga Karawang sudah minta terus Pak, supaya KRL sampai sana,” kata Wiwik, Selasa (13/8/2019), ketika berbincang di dalam tempat dalam rangkaian KRL.

Baca Juga  Gaji PNS Naik 8% dalam 2024, Sri Mulyani Siapkan Dana Rp52 T

Budi Karya pun menyambut positif dengan mendiskusikan hal ini dalam sambutannya. Sejauh ini, rute KRL ke arah timur baru mencapai Cikarang, Kabupaten Bekasi.

“Nanti Insya Allah (KRL) sampai Karawang,” ucap Budi Karya kala itu.

Artikel Selanjutnya Satu Jalur pada dalam Sudimara-Kebayoran Dibuka, KRL Bisa Melintas

 

Check Also

Buka puasa bersatu Partai Demokrat dan juga Prabowo Subianto

Artikel ini disadur dari Buka puasa bersama Partai Demokrat dan Prabowo Subianto Baca Juga  Jepang …