Dari Virtual Press Conference Public Expose 2023 PT Astra International Tbk: Sektor Otomotif Tunjukkan Pertumbuhan

Dari Virtual Press Conference Public Expose 2023 PT Astra International Tbk: Sektor Otomotif Tunjukkan Pertumbuhan

lingkarpost.com Pada Selasa (13/11/2023), PT Astra International Tbk, sebuah perusahaan nasional yang dimaksud mempunyai 272 anak bisnis antara lain di area sektor otomotif, layanan pembiayaan, kemudian asuransi menggelar Virtual Press Conference Public Expose 2023 PT Astra International Tbk.

Acara dipandu Boy Kelana Soebroto, General Manager-Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk, serta dihadiri sembilan direksi Astra. Antara lain Djony Bunarto Tjondro, President Director of Astra, Johannes Loman, Director of Astra, Suparno Djasmin, Director of Astra, Gita Tiffani Boer, Director of Astra, serta Hamdani Dzulkarnaen Salim, Director of Astra.

Djony Bunarto Tjondro, President Director of Astra, menyatakan bahwa kinerja sembilan bulan pertama 2023 terjadi peningkatan dalam seluruh portfolio bisnis, termasuk sektor otomotif.

Baca Juga  Audi Cetak Podium Ganda pada Pekan Pembuka Macau Grand Prix 2023

“Kecuali untuk United Tractor (UT) yang mengalami imbas dari sektor perdagangan batu bara. Semoga perolehan sembilan bulan pertama ini bisa jadi diteruskan sampai tiga bulan penutup 2023,” paparnya.

Optimisme ini digaungkan, yaitu 2024 diharapkan mampu meneruskan kondisi positif yang mana saat ini berjalan sampai kuartal ketiga.

“Meski pun mengetahui situasi ketidakpastian, kami yakin dari sisi domestik masih ada pertumbuhan cukup baik. AMF memperkirakan pertumbuhan 5 persen, sektor otomotif mampu diharapkan. Sektor pertambangan juga diharapkan naik. Ini tantangan tersendiri, lanjut Djony Bunarto Tjondro.

Sejauh ini, nominal Rp 34-35 triliun telah terjadi dibelanjakan untuk sektor bisnis, juga biaya untuk perawatan kemudian omni channel otomotif, serta biaya investasi.

“Melihat prospek kemudian kajian komprehensif dari perusahaan yang tersebut senantiasa kami lakukan, termasuk meninjau sektor baru, yang digunakan lalu berdekatan, kami berpatokan kepada core tujuh lini perusahaan Astra. Tidak hanya sekali lini baru tetapi dari core portfolio yang mana sudah dimiliki akan melakukan penanaman modal di tempat area-area yang tersebut bersangkutan,” tukasnya.

Baca Juga  Jumpa di tempat Amerika Serikat, Indonesia-India Bahas Kerja Sama Bilateral Termasuk Sektor Otomotif
Kantor Astra Otoparts. [component.astra.co.id]
 Astra Otoparts, sebagai ilustrasi [component.astra.co.id]

Sedangkan Hamdani Dzulkarnaen Salim, Director of Astra, sekaligus Ketua Umum Gabungan Industri Alat-Alat Motor kemudian Mobil atau GIIAM periode 2018-2022 menyatakan bahwa pemasaran kendaraan, baik roda dua mau pun roda empat akan tambahan baik lagi.

Indikatornya adalah kenaikan transaksi jual beli komponen otomotif mencapai 58 persen, juga terus tumbuh. Dengan catatan beberapa komponen yang tersebut termasuk dalam Astra Otoparts antara lain Akebono Brake Astra Indonesia, Denso Indonesia, GS Battery, Kayaba Indonesia, dan juga SKF Indonesia.

Baca Juga  Gelar Workshop Plus Kompetisi Berhadiah, FINATRA Tunjukkan Komitmen Dukung UMKM

“Hal ini menunjukkan kebutuhan juga eksistensi perusahaan dalam produksi roda empat kemudian roda dua hingga saat ini,” paparnya.

Berdasar laporan kegiatan bidang usaha otomotif Grup Astra per 30 September 2023 laba bersih mencapai Rp 9,167 miliar. Dan bidang usaha pembiayaan Grup Astra mencakup layanan pembelian kendaraan bermotor, baik sektor roda empat maupun roda dua.

Kontribusi laba bersih dari perusahaan Grup Astra yang fokus dalam pembiayaan mobil meningkat sebesar 28 persen menjadi Rp 1,7 triliun. Sedangkan kontribusi laba bersih dari perusahaan Grup Astra yang fokus dalam pembiayaan sepeda motor, dioperasikan PT Federal International Finance (FIFGROUP) meningkat sebesar 31 persen menjadi Rp 3,0 triliun.

Check Also

Spesifikasi LC200 yang mana digunakan Jeje pada event AXCR 2023

Spesifikasi LC200 yang digunakan Jeje pada event AXCR 2023

Lingkar Post – Ibukota – Pereli Indonesia Julian Johan akan mengikuti kegiatan Asia Cross Country Rally (AXCR) …