Prancis peringatkan Iran untuk bukan eskalasi konflik pada Gaza

Prancis peringatkan Iran untuk bukan eskalasi konflik pada Gaza

lingkarpost.com – Paris – Menteri Luar Negeri Prancis Catherine Colonna menyatakan sudah pernah lama memperingatkan Menlu Iran Hossein Amirabdollahian pada Kamis (16/11) bahwa Teheran akan memikul tanggung jawab yang berat jika konflik dalam Gaza menyebar ke seluruh wilayah.

"Pertemuan hari ini dengan mitra saya dari Iran adalah dalam bentuk peringatan: perluasan konflik saat ini di tempat tempat Gaza tidaklah akan menguntungkan siapa pun, lalu Iran akan memikul tanggung jawab yang dimaksud digunakan berat," kata Catherine Colonna setelah pertemuan tatap muka dalam area Jenewa dengan Hossein Amirabdollahian.

Baca Juga  Menlu Retno: Dua WNI sukarelawan MER-C ingin masih tinggal di dalam Daerah Gaza

Percakapan hal hal itu adalah yang dimaksud terbaru antara para pejabat Prancis kemudian Iran ketika Paris berupaya meredakan ketegangan antara Israel lalu juga Hizbullah yang dimaksud dimaksud didukung Iran.

Hubungan antara Prancis dan juga juga Iran juga tegang dalam beberapa bulan terakhir lantaran apa yang dimaksud mana dikatakan Paris sebagai penangkapan sewenang-wenang terhadap empat warga negaranya.

Baca Juga  PPLN Kuala Lumpur jaring WNI bagi KPPSLN untuk pemilihan umum 2024

Prancis menilai penangkapan hal yang disebut setara dengan penyanderaan oleh pihak negara.

"Menteri akhirnya menyerukan pembebasan segera empat warga negara Prancis yang dimaksud masih ditahan secara sewenang-wenang pada dalam Iran juga situasinya sangat mengkhawatirkan," kata kantor Kemenlu Prancis dalam pernyataan terpisah mengenai pertemuan tersebut.

Sumber: Reuters

Check Also

Kazakhstan ajak Indonesia bentuk komite bidang bisnis untuk perkuat kemitraan

Kazakhstan ajak Indonesia bentuk komite bidang usaha untuk perkuat kemitraan

Menurut Abdykarimov, kedua negara terlibat bekerja identik di area berbagai sektor, dari minyak lalu gas, …