Gelar Workshop Plus Kompetisi Berhadiah, FINATRA Tunjukkan Komitmen Dukung UMKM

Gelar Workshop Plus Kompetisi Berhadiah, FINATRA Tunjukkan Komitmen Dukung UMKM

lingkarpost.com FINATRA, salah satu brand services PT Federal International Finance (FIFGROUP)–bagian dari PT Astra International Tbk, sebuah perusahaan nasional yang dimaksud memiliki 272 anak usaha, antara lain sektor otomotif, layanan pembiayaan, kemudian asuransi–menggelar workshop untuk Usaha Mikro, Kecil, juga Menengah (UMKM) pada kantor FIFGROUP Cabang Pasar Minggu, Pejaten, Jakarta Selatan.

Kegiatan yang digunakan berlangsung Rabu (15/11/2023) ini adalah wujud komitmen mengupayakan pengembangan UMKM selaku tulang punggung perekonomian Indonesia.

Bentuknya adalah Sahabat FINATRA, sebuah program yang digunakan ditujukan untuk memberikan pengembangan khusus lalu komprehensif bagi UMKM peserta dengan berbagai materi kemudian isu utama.

Salah satu peserta Program Inkubasi Sahabat FINATRA yang digunakan calon memasarkan dimsum dengan menyewa pengemudi sepeda motor dengan boks jualan [Suara.com/CNR ukirsari].
Salah satu peserta Program Inkubasi Sahabat FINATRA yang calon memasarkan dimsum dengan menyewa pengemudi sepeda motor dengan boks jualan [Suara.com/CNR ukirsari].

“Dalam program Sahabat FINATRA kami bertujuan memberikan literasi terkait kegiatan bisnis dengan value chain terhadap produk, sehingga pelaku bisnis dapat mengenali bisnisnya dari hulu ke hilir, batas bisnisnya, aktor yang terlibat siapa saja, supaya dari proses temu-kenali tadi bisa saja melakukan self-identification: kendala apa hanya yang dimaksud didapatkan di dalam lapangan,” papar Riezky Candra Novariz, Microfinancing Partnership and Marketing Development Head FIFGROUP.

“Dari situ kami memberikan perusahaan model canvas, dengan identifikasi dapat mencari value preposition yang mana mereka itu akan jual, customer. Kami melatih, tujuannya agar industri dapat berkembang serta FINATRA hadir di tempat di tempat ini sebagai salah satu partner dari para pelaku perniagaan pada sini,” lanjutnya.

Baca Juga  Market Kendaraan Komersial Cenderung Flat, Hal ini Kiat PT IAMI Terus Bertumbuh

Dalam workshop ini, para peserta diberikan pembekalan seperti digital marketing, pengelolaan keuangan, kemudian manajemen industri yang digunakan tepat.

Ada pun target Sahabat FINATRA adalah 120 UMKM yang dimaksud dikurasi serta diundang mengikuti workship di tempat area Jakarta-Tangerang.

Suara.com turut menyaksikan peserta tengah melakukan presentasi bidang usaha setelah pembekalan workshop, di dalam mana kegiatan ini berlangsung seru, akibat termasuk dalam kompetisi mendapatkan permodalan.

Salah satunya adalah usaha dimsum ayam, yang tersebut akan dijajakan menggunakan sepeda motor dilengkapi gerobak. Di sinilah, para juri seperti Riezky Candra Novariz, Andreas Ferbi, Microfinancing Head Area Jakarta-Tangerang, serta duta tim Hasta Inc yang dimaksud membantu mendevelop Sahabat FINATRA dari awal sampai akhir acara memberikan pertanyaan, arahan, serta challenge agar bidang usaha UMKM yang tersebut dipresentasikan dapat makin berkembang.

Jauhar Asmara, salah satu pebisnis UMKM sektor Food and Beverages yang bergabung serta dalam workshop menyatakan bahwa Program Inkubasi Sahabat FINATRA ini sangatlah mind blowing.

Baca Juga  Jadikan Motor Trail Tunggangan Harian, Hal ini Tips Bisa Sat-Set di tempat Jalan Aspal Tanpa Terpeleset

“Apa pun usaha UMKM yang tersebut akan dijalani, skema atau rangka dari hulu ke hilir adalah sama. Perbedaannya adalah bentuk produk. Program ini sangat bermanfaat serta sangat applicable untuk segala jenis usaha,” paparnya kepada Suara.com.

“Masalah klasik UMKM adalah modal nekat, yang digunakan penting bikin, jualan saja. Akan tetapi catatan finansial kita tak tahu, ide banyak, liar dalam berkreasi, eksekusinya masih membutuhkan penanganan detail,” lanjutnya.

Ia sendiri berbisnis ayam goreng atau fried chicken yang dimaksud awalnya semata-mata berpikir: perlu ayam, tepung, ke mitra, serta bermuara kepada pembeli.

“Akan tetapi, ternyata ada sub yang digunakan berperan, serta ternyata menambah potensi untuk memberikan added value kepada usaha juga komoditas kita. Akhirnya bisa jadi menambah value position, serta memproduksi industri kita menjadi unik. Itu yang tersebut saya rasakan,” tandasnya.

Tim Hasta Inc menambahkan, dalam workshop Sahabat FINATRA ini, para pelaku UMKM diajak belajar secara interaktif, ada permainan atau games sehingga bisa jadi memahami materi secara cepat.

Yaitu meliputi pinpoint, akses kepada knowledge, tak sebatas teori namun langsung dipraktekkan, belajar ekosistem pasar atau rantai pasok, serta mengajak UMKM mengenal secara sederhana rantai supply tidaklah hanya sekali pada sektor operation, tetapi rantainya dari hulu sampai hilir.

Baca Juga  Produk EV Jadi Proyeksi Toyota Indonesia untuk 2024, Bagaimana Penjualan Model Sport Gazoo Racing?

Riezky Candra Novariz menambahkan, kurang lebih tinggi 18 bulan FINATRA menggelar layanan bagi UMKM, total customer mencapai 14 ribu yang tersebut sudah mendapatkan akses permodalan.

“Pembiayaan total mencapai Rp 913 miliar dari proyeksi Rp 1,2 triliun yang tersebut coba digelontorkan kepada UMKM sebagai akses permodalan,” ujarnya.

Saat ini, urutan para pengusaha UMKM yang tersebut menjadi customer FINATRA adalah:

  • 50 persen customer existence adalah bidang groceries atau pengecer
  • 30-40 persen food and beverages
  • land transportation
  • tekstil
  • 1 persen otoparts.

“Customer kami yang dimaksud bergerak pada bidang otomotif ada, seperti punya bengkel serta berjualan spareparts ada, akan tetapi belum menjadi major customer kami,” tambah Riezky Candra Novariz.

Meski sektor otomotif menunjukkan perolehan pada bawah satu persen, tetap disebut sebagai potential customer.

“Kami akan berpartner dengan PT Astra Honda Motor sebagai value chain Astra, untuk mengembangkan sektor otoparts ini,” tukasnya.

 

Check Also

Spesifikasi LC200 yang mana digunakan Jeje pada event AXCR 2023

Spesifikasi LC200 yang digunakan Jeje pada event AXCR 2023

Lingkar Post – Ibukota – Pereli Indonesia Julian Johan akan mengikuti kegiatan Asia Cross Country Rally (AXCR) …