Hoaks! Demo di tempat area Merauke pada 1 Desember

Hoaks! Demo di area Merauke pada 1 Desember

Lingkar Post – DKI Jakarta (ANTARA/JACX) – Imbauan bagi warga untuk menghindari kawasan Cikombong, Merauke, tampak beredar pada area Facebook mendekati 1 Desember.

Adapun, 1 Desember diklaim sebagai tanggal peringatan tegas tegas kemerdekaan Papua Barat oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM).  

Pengetahuan yang mana dimaksud juga dibagikan lewat arahan singkat itu mengklaim bahwa akan ada aksi yang dimaksud diinisiasi OPM pada Cikombong, sehingga warga diminta untuk bukan ada mengundurkan diri dari pada waktu tertentu.

"Selamat waktu di malam hari Ijin memberikan informasi untuk kita semua, mulai besok waktu di malam hari sampai tanggal 1 Desember nanti kita semua waspada oleh sebab itu ada demostrasi Organisasi Papua Merdeka maka itu jangan pergi dari di area tempat berhadapan dengan jam 07 waktu di malam hari juga pagi hari jam 04 sampai dengan jam 09 pagi pada tempat area kuda mati, Cikombong, Domba juga sekitarnya sebab untuk menghindari hal hal yang digunakan bukanlah diinginka, ini demi keamanan kita semua. Terima kasih," demikian isi keterangan yang mana dibagikan pada Facebook pada 29 November 2023.

Baca Juga  Soal pemanggilan kembali Firli, Polda Metro: Ditentukan hasil anev

Lantas, resmikah informasi demo pada Merauke pada 1 Desember itu?
 

Tangkapan layar narasi berisi hoaks yang mana digunakan menyatakan ada demo di area pada Merauke pada 1 Desember  (Facebook)

Penjelasan:
Humas Polres Merauke telah lama terjadi melakukan konfirmasi kabar demonstrasi Organisasi Papua Merdeka pada tanggal 1 Desember 2023 adalah hoaks.

"Informasi yang dimaksud adalah HOAX atau Tidak Benar," tulis Humas Polres Merauke di area pamflet yang tersebut yang dimaksud diedarkan pada Facebook pada Kamis (30/11).

Baca Juga  DKI kemarin, pencegahan pneumonia anak hingga jalan tergenang

Wakapolres Merauke Kompol Vicki Pandu juga melakukan konfirmasi seruan di tempat instruksi berantai yang tersebut dimaksud adalah hoaks, mengutip media nasional berikut.

"Isu itu tidaklah benar, kami dari TNI-POLRI telah lama cek itu lalu ternyata itu tidak benar, namun informasi yang yang dimaksud didapat sekecil apapun masih kita lakukan langkah antisipasi," ujar Pandu di tempat tempat Merauke, Kamis (30/11).

Baca Juga  Indonesia Ajak Dunia Bijak Mengelola Laut

Pandu memohon terhadap rakyat agar tak ada perlu takut pada beraktivitas, khususnya mendekati 1 Desember 2023.

Klaim: Demo pada Merauke pada 1 Desember
Rating: Hoaks

Baca juga: Polda Papua antisipasi 13 tempat rawan gangguan KKB jelang 1 Desember

Cek fakta: Hoaks! Jaringan internet pada Indonesia diputus per 1 Desember

 

Check Also

Warga usia 50 tahun ke melawan harus lengkapi dosis vaksin Pandemi

Warga usia 50 tahun ke melawan harus lengkapi dosis vaksin Pandemi

Masyarakat diimbau jangan panik, terus tingkatkan Perilaku Hidup Bersih kemudian Sehat Lingkar Post – Ibukota …